Mojang dan Microsoft tarik pembaruan Super Duper Graphics Pack

Meski membatalkan pembaruan paket grafis Super Duper Graphics Pack dari Minecraft, para gamer di komputer dapat mencoba mod untuk mendapatkan hasil yang sama.

Mojang dan Microsoft tarik pembaruan Super Duper Graphics Pack Minecraft (Mojang)

Minecraft saat ini kembali mendapatkan traksi pemain yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan beberapa YouTuber kondang, seperti PewDiePie dan Jacksepticeye kembali memainkan gim tersebut di channel mereka.

Momentum ini seharusnya digunakan dengan baik oleh Mojang, salah satunya membawa pembaruan besar ke gim tersebut. Sayangnya, yang terjadi malah sebaliknya.


BACA JUGA

Crytek : SSD jadi upgrade terpenting bagi konsol

Epic Store tambah dukungan penyimpanan awan

Niantic perbarui kebijakan gim Pokemon Go dan Harry Potter


Mojang baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan membatalkan "Super Duper Graphics Pack". Hal ini sangat mengecewakan bagi para penggemar gim tersebut, yang ingin segera mendapatkan pembaruan dari sisi grafis.

Paket grafis tersebut menjanjikan perbaikan besar-besaran untuk Minecraft, membawa fitur-fitur seperti pencahayaan dan bayangan realistis, permukaan air reflektif, dan lebih banyak flora dan fauna dalam gim.

Pengembang yang saat ini ada di bawah Microsoft tersebut juga menjanjikan dukungan resolusi 4K penuh untuk beberapa perangkat seperti Xbox One X, seperti lapor The Verge (14/8/2019).

"Paket pembaruan grafis ini terbukti terlalu menuntut banyak teknis untuk diimplementasikan seperti yang direncanakan," kata perwakilan Mojang. Pembaruan ini awalnya direncanakan untuk rilis pada musim gugur 2017, kemudian didorong ke 2018, sebelum pada akhirnya dibatalkan.

Namun, hal ini bisa dibilang cukup wajar. Daya tarik terbesar dari gim ini adalah grafisnya yang relatif beresolusi rendah, sehingga dapat berjalan di hampir semua perangkat keras. Mulai dari smartphone, Raspberry Pie, Nintendo Switch, kemudian konsol besar seperti Xbox hingga PC dapat memainkannya. Membawa pembaruan ultra-realistis mungkin akan menyebabkan masalah.

"Minecraft tersedia di berbagai platform, dan kami terus berusaha memanfaatkan arsitektur teknis masing-masing. Kami akan dapat membagikan lebih banyak tentang hal itu segera," kata perwakilan Mojang.

Meski demikian, para gamer di platform komputer hingga saat ini masih bisa mendapatkan fitur tersebut, meski tak melewati jalur resmi. Saat ini, banyak mod dan graphics pack yang dibuat oleh para penggemar yang menyediakan paket grafis tingkat tinggi.

Bahkan diantaranya sudah berhasil memasukkan teknologi Ray Tracing ke dalam gim tersebut. Alhasil, gim Minecraft bisa memiliki grafis yang sangat memukau.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: