sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Senin, 27 Apr 2020 19:25 WIB

MIUI 12 resmi meluncur, ini fitur-fiturnya

Xiaomi akhirnya meluncurkan MIUI 12. Antarmuka ini hadir dengan menawarkan sejumlah fitur dan peningkatan baru.

MIUI 12 resmi meluncur, ini fitur-fiturnya
Source: Xiaomi

MIUI 12 akhirnya resmi meluncur. Ini menjadi antarmuka terbaru dari Xiaomi untuk smartphone buatannya. Seperti biasa, perusahaan asal Tiongkok ini tampaknya cukup fokus mengembangkan segi estetik dari antarmukanya ini. 

Sesuai rumor, Xiaomi banyak memoles animasi hingga tampilan dari MIUI. Mulai dari efek transisi, navigasi hingga fitur keamanan untuk penggunanya. Lantas apa saja fitur yang dihadirkan di MIUI 12 ini?

 

Animasi baru

Animasi di sini termasuk pergerakan dan transisi setiap ikon di MIUI 12. Bahkan hampir semua sistem animasi diubah di versi terbaru ini. Xiaomi bahkan mengklaim kehalusan transisi animasi ini setara dengan iOS. 

Tidak tanggung-tanggung, mulai dari membuka aplikasi, rotasi layar, status baterai, live wallpaper hingga mengatur ulang ikon di homescreen diubah oleh Xiaomi. Perusahaan Tiongkok ini tampaknya telah bekerja untuk menghadirkan nuansa yang benar-benar baru di MIUI 12. 

 

Navigasi

MIUI menjadi salah satu antarmuka yang mengadopsi gestur navigasi. Di versi terbaru ini, gestur navigasi tersebut akan bekerja dengan cara yang sama seperti fitur gestur yang dihadirkan Android 10. 

 

UI yang lebih bersih

Setiap update MIUI, Xiaomi selalu memberikan tampilan yang lebih bersih pada UI-nya, seperti halnya yang terjadi di MIUI 12. Di versi terbaru ini, interface-nya menjadi lebih bersih dengan jarak yang lebih lebar antar tulisan atau gambar. Background juga tampak lebih terang dari sebelumnya. 

 

Always On Display dan Live Wallpaper

Sebelumnya sudah dikabarkan kalau Xiaomi berjanji memberikan lebih banyak animasi di fitur Always on Display. Beberapa di antaranya terinspirasi dari planet Bumi, Mars dan Bulan. Jadi ketika pengguna membuka kunci layar, tampilan wallpaper itu akan di zoom mendekati planet itu. Ketika pengguna membuka sebuah folder aplikasi, zoom akan semakin dekat. 

 

Fitur keamanan

MIUI 12 menghadirkan fitur keamanan baru bernama Flare, Barbed Wire dan Mask System. Flare akan memantau izin dan informasi sensitif yang diakses aplikasi tertentu. Flare kemudian mengirimkan pemberitahuan dengan warna berbeda ketika sebuah aplikasi menggunakan kamera, mikrofon atau lokasi GPS pengguna. 

Sementara Barbed Wire bekerja layaknya izin lokasi di Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan batasan perizinan lokasi, mikrofon dan kamera dengan opsi selalu izinkan, izinkan sekali saja atau tolak permintaan aplikasi. 

Sedangkan Mask System akan mencegah aplikasi yang tidak terpercaya untuk mengakses informasi krusial seperti kontak, kalender, riwayat panggilan, dan bahkan IMEI. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat identitas palsu untuk menipu aplikasi yang mencoba mengakses informasi tanpa izin terlebih dahulu. 

 

Multi window

MIUI 12 dibekali dengan opsi multitasking baru. Di versi ini, aplikasi pesan dapat dimunculkan dengan cara picture-in-picture ketika membuka aplikasi dengan layar penuh, seperti ketika bermain gim atau menonton video. Xiaomi bahkan menambahkan berbagai skenario bagaimana fitur ini akan bekerja, entah langsung dari panel notifikasi dan cara mengubah ukuran jendela melayang itu. 

 

AI Calling

Fitur ini akan hadir mirip dengan Screen Calling milik Google. AI Calling di MIUI 12 didesain untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran. Kata-kata yang diucapkan akan ditranskrip dalam bentuk teks. Pengguna pun bisa memilih respon yang diberikan ketimbang harus membalasnya secara lisan. 

 

Fitur Fitness

Gyroscope di Xiaomi nantinya tidak hanya dapat digunakan untuk merekam langkah kaki saja, tetapi juga aktivitas lain seperti berlari, berjalan, bersepeda dan menaiki anak tangga. Xiaomi mengklaim kalau akurasi fitur ini mencapai 96% seperti halnya Apple Watch. 

 

Sleep Tracker

Kebanyakan sleep tracker hanya tersedia pada perangkat wearable seperti smartband atau smartwatch. Namun di MIUI 12, pengguna akan mendapatkan keuntungan fitur pelacak tidur ini. Nantinya fitur ini akan memantau pergerakan pengguna ketika tertidur untuk menentukan kualitas tidurnya. Tidak hanya itu, fitur itu sendiri juga akan merekam waktu-waktu dimana penggunanya bermimpi atau mendengkur selama tidur. 

Share
back to top