sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Selasa, 13 Feb 2024 14:09 WIB

Microsoft akan rilis update besar Windows tahun ini, tetapi bukan Windows 12

Dalam postingan blog resminya, Microsoft mengumumkan bahwa “Windows 11 24H2” akan menjadi update fitur utama untuk tahun 2024, mengundur peluncuran Windows 12.

Microsoft akan rilis update besar Windows tahun ini, tetapi bukan Windows 12

Spekulasi sebelumnya tentang Microsoft yang beralih dari siklus update tiga tahun untuk Windows ternyata benar. Dalam postingan blog resminya, Microsoft mengumumkan bahwa “Windows 11 24H2” akan menjadi update fitur utama untuk tahun 2024, mengundur peluncuran Windows 12 yang diantisipasi hingga tahun 2025 atau lebih.

Dilansir dari Gizmochina (13/2), Microsoft mengungkapkan perubahan strategi ini dalam changelog untuk Windows 11 Insider Preview Build terbaru.

“Dimulai dengan Build 26-xx hari ini, Windows Insiders di Canary dan Dev Channels akan melihat versi diperbarui di Pengaturan > Sistem > Tentang (dan winver) ke versi 24H2. Artinya, Windows 11 versi 24H2 akan menjadi update fitur tahunan tahun ini. Seperti disebutkan di sini, Windows 11 akan memiliki irama update fitur tahunan yang dirilis pada paruh kedua tahun kalender”, kata changelog Microsoft.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sekarang jelas berkomitmen untuk satu update fitur tahunan untuk Windows 11, yang dijadwalkan dirilis pada paruh kedua setiap tahun. Ini menandai perubahan dari update “Moments” yang lebih kecil dan lebih sering terlihat di masa lalu.

Keputusan ini mungkin berasal dari kekhawatiran Microsoft akan memperburuk fragmentasi basis pengguna. Windows 10 terus mendominasi pangsa pasar sebesar 66%, sementara Windows 11 tertinggal dengan 28%. Memperkenalkan Windows 12 pada tahun 2024 dapat semakin memecah ekosistem Windows, sebuah situasi yang mungkin ingin dihindari oleh Microsoft.

Sebaliknya, pengguna dapat mengharapkan fitur-fitur substansial yang didukung AI dan kemajuan lainnya dengan update Windows 11 24H2. Detail pasti tentang fitur-fitur AI ini masih belum diketahui, tetapi detail lebih lanjut diperkirakan akan terungkap dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, konsep yang dirumorkan sebelumnya, seperti antarmuka desktop yang didesain ulang dengan “floating taskbar” sebagai karakteristik Windows 12 tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Jadi perombakan visual yang signifikan untuk Windows tidak mungkin terjadi sebelum tahun 2025.

Mengenai waktu rilis, versi Windows 11 24H2 akan menjangkau produsen (RTM) pada bulan April 2024. Ketersediaan publik secara umum diperkirakan akan tersedia antara bulan September dan Oktober 2024.

Share
×
tekid
back to top