Mercedes punya mobil balap listrik Formula E

Ketika balapan normal, tenaga yang dihadirkan adalah 272 HP, menariknya mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 306 HP dalam mode kecepatan penuh.

Mercedes punya mobil balap listrik Formula E Source: Daimler via Engadget

Mercedes-Benz baru saja mengumumkan bakal bergabung dengan kejuaraan mobil balap listrik Formula E. Dilansir dari Engadget (5/3), mobil balap listrik tersebut bernama EQ Silver Arrow 01. Mesin yang dimikinya akan menghadirkan tenaga hingga 340 HP selama kualifikasi dan dalam mode fanBoost.

Ketika balapan, tenaga yang mampu dihasilkan adalah 272 HP, menariknya mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 306 HP dalam mode kecepatan penuh. Akselerasi yang dimilikinya diklaim mampu mencapai 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 2,8 detik. Baterainya memiliki kapasitas 52 kWh yang diklaim mampu bertahan selama sesi belapan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota uji coba mobil listrik Prius dengan panel surya

Ini dia rekor untuk mobil otonom tercepat di dunia

Sang legenda VW Beetle klasik berubah jadi mobil listrik


Keunggulan performa besar tersebut terdengar akrab. Oleh karena itu mobil balap Mercedes-Benz dapat dibandingkan dengan pesaing seperti Jaguar. Meski peserta Formula E tidak membutuhkan komponen yang sama untuk tahun ini, persyaratan liga dapat membuat tingkat performa yang sama.

Pemimpin tim Toto Wolff memperingatkan bahwa ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum dua kendaraan Mercedes mulai berpartisipasi di Formula E dan Formula 1. Tetapi bukan berarti kehadirannya tidak kuat di musim ini. Perusahaan asal Jerman tersebut meluncurkan EQC SUV tahun ini dan melalui ajang balap ini  berfungsi sebagai alat promosi dan menginformasikan mobil listrik masa mendatang.

Formula E sendiri adalah kelas balap mobil yang hanya menggunakan mobil bertenaga listrik. Serial ini disusun pada 2011, dan kejuaraan perdana dimulai di Beijing pada September 2014.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: