sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 18 Nov 2022 11:32 WIB

Mengenal Snapdragon Sound dan fitur yang ditawarkan

Snapdragon Sound adalah teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk memberikan pengalaman audio terbaik.

Mengenal Snapdragon Sound dan fitur yang ditawarkan
Source: Pocket-Lint

Qualcomm terkenal sebagai penyedia System-on-chip (SoC) bagi platform seluler seperti Samsung, OPPO, dan banyak lagi. Perusahaan menyematkan sejumlah teknologi pada platform tersebut, salah satunya Snapdragon Sound.

Snapdragon Sound adalah teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk memberikan pengalaman audio terbaik. Baik itu untuk bermain gim, streaming musik, atau melakukan panggilan suara dan video. Ini menjamin tingkat kualitas audio HD tertentu pada ponsel yang kompatibel dan headphone dengan latensi rendah.

Pertama kali diumumkan pada 2021, Snapdragon Sound tersedia pada chipset Snapdragon 888. Kemudian diperluas ke platform seluler dengan Snadragon 8 Gen 1. Baru-baru ini, diungkapkan dalam Snapdragon Summit 2022, Snapdragon Sound juga akan disematkan dalam Snapdragon 8 Gen 2.

Dikutip dari PocketLint (18/11), Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon Sound adalah "satu-satunya solusi yang dirancang untuk menghadirkan musik Lossless, latensi rendah terdepan di industri, dan dengan memanfaatkan teknologi Qualcomm Bluetooth High Speed ​​Link, koneksi Bluetooth paling kuat".

Fitur apa saja yang ditawarkan Snapdragon Sound?

Snapdragon Sound menerima sejumlah peningkatan fitur tahun ini, antara lain Dynamic Spatial Audio, latensi yang ditingkatkan, dan audio lossless. 

Untuk merasakan fitur tersebut, Sahabat Tek tidak hnya perlu memiliki ponsel yang menjalankan Snapdragon 8 Gen2, tapi juga sepasang headphone atau speaker dengan chipset Snapdragon S3 atau S5. Jika sudah memiliki keduanya, berikut adalah fitur yang akan Anda dapatkan.

  • Dynamic Spatial Audio

Snapdragon Sound menawarkan Dynamic Spatial Audio untuk headphone berkabel dan nirkabel. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam, sebagaimana yang ditawarkan Apple melalui model AirPods 3 dan AirPods Pro.

Saat menonton film atau mendengarkan musik dengan Spatial Audio atau Dolby Atmos, suara tetap terkunci di tempat perangkat yang Anda gunakan, meskipun Anda menoleh ke kiri atau kanan, atas atau bawah. Teknologi ini memungkinkan pengalaman mendengarkan yang lebih alami dan menyeluruh.

  • Latensi yang ditingkatkan

Dengan Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dan perangkat audio dengan chip Snapdragon S3 atau S5, ada peningkatan latensi untuk bermain gim di Snapdragon Sound. Ini berarti Anda akan mendapatkan permainan bebas lag dan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Qualcomm mengurangi latensi menjadi 48ms, yang jauh lebih rendah daripada 300ms biasa yang akan Anda temukan di headphone Bluetooth. Sekali lagi, Anda akan memerlukan headphone yang kompatibel dan smartphone yang kompatibel untuk mendapatkan manfaat dari fitur ini.

  • Lossless Audio

Salah satu fitur utama Snapdragon Sound adalah audio aptX Lossless. Qualcomm mengumumkan dukungan untuk audio lossless 16-bit 48Hz yang sedikit lebih baik daripada kualitas CD, yaitu 44.1Hz. Untuk perangkat yang menjalankan Snapdragon 8 Gen 1, lossless yang ditawarkan adalah 44.1Hz, sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 menawarkan 48Hz lossless melalui Bluetooth LE.

  • Koneksi Kuat

Snapdragon Sound dioptimalkan untuk bekerja di seluruh perangkat dan memberikan koneksi yang kuat dengan sedikit gangguan audio, di mana pun Anda berada, bahkan di lingkungan yang banyak gangguan sekalipun. 

Share
×
tekid
back to top