sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Kamis, 01 Apr 2021 18:18 WIB

Mengenal sistem pendingin cerdas pada OPPO Reno5 F

Sistem Multi-cooling pada Reno5 F terbukti ampuh menjaga suhu perangkat tetap adem meski digunakan di berbagai skenario, termasuk bermain gim sembari mengisi daya.

Mengenal sistem pendingin cerdas pada OPPO Reno5 F

Salah satu poin menarik saat OPPO Reno5 F diluncurkan adalah adanya sistem pendingin khusus pada perangkat tersebut. Sistem ini dipercaya dapat membuang panas lebih efisien. Hal ini tentunya cukup menarik untuk dibahas, mengingat teknologi seperti ini umum ditemukan pada smartphone gaming, yang memang disiapkan untuk menjaga suhu termal internal perangkat agar tetap dapat bekerja meski terus dipakai bermain gim. Masalahnya smartphone gaming itu tidak ada yang murah.

Idenya kurang lebih sama, OPPO Reno5 F menggunakan sistem pendinginan ini untuk menjaga performa perangkat tetap optimal. OPPO mengklaim OPPO Reno5 F memiliki kapasitas untuk membuang panas lebih efisien hingga 21,9%.

Begitu juga ketika smartphone dipakai untuk memutar video, Reno5 F memiliki kemampuan disipasi panas yang sudah ditingkatkan sebesar 55,3%. Hal yang sama  ketika smartphone dipakai untuk mengambil foto atau video menggunakan aplikasi kamera, kemampuan disipasi panasnya meningkat sebesar 11,4%. Masalah yang sering muncul adalah aplikasi kamera tiba-tiba mati sendiri ketika perangkat overheat atau kepanasan.

Untuk mendapatkan kemampuan pembuangan panas yang lebih baik, tim R&D OPPO telah meningkatkan material komponen internal perangkat. Di mana OPPO Reno5 F menggunakan paduan aluminium konduktivitas termal tinggi yang juga memastikan bahwa kekuatan ponsel lebih baik dari generasi sebelumnya.

Empat lapis tabung grafit dan tiga lapis lembaran grafit juga ditempatkan untuk menjaga suhu prosesor dan berbagai chip penting. Meski terdengar rumit dan membutuhkan banyak tambahan komponen, OPPO tetap dapat menjaga profil perangkat tetap ramping.

Selain itu, OPPO Reno5 F juga dibekali dengan sensor suhu yang secara aktif memantau kondisi suhu perangkat. Ketika sensor mendeteksi panas berlebih, OPPO Reno5 F akan mengoptimalkan frekuensi CPU dan arus pengisian daya. Hal yang tak kalah menarik, Reno5 F bisa melakukan penyesuaian konsumsi daya saat menjalankan aplikasi yang sering digunakan, dan mengoptimalkan sistem untuk menjaga suhu pada perangkat tetap dingin.

Dari pengujian saat dipakai memainkan gim-gim Garena seperti Arena of Valor dan Call of Duty Mobile selama 90 menit non-stop, suhu pada perangkat cenderung stabil. Indikasi menghangat tetap ada, namun belum tergolong panas, kinerja perangkat tetap optimal sama seperti baru mulai dimainkan.

Menariknya, pernahkah kalian mencoba bermain gim sembari mengisi daya? Dari gelaran OPPO Reno5 F Performance Experince kemarin, Redaksi Tek.id sempat merasakan pengalaman tersebut. Memainkan dua sesi 5 vs 5 Arena of Valor sembari mengisi daya, suhu perangkat tidak terasa panas.

OPPO Reno5 F sudah mulai dijual melalui sistem penjualan kilat pada situs e-dagang Lazada pada tanggal 27 Maret hingga 1 April 2021. Konsumen akan mendapatkan tambahan berupa limited 3-in-1 Giftbox yang terdiri dari earphone nirkabel, smart bracelet dan phone holder. Penjualan perdana OPPO Reno5 F berlangsung mulai 2 April 2021 baik secara daring maupun luring.

OPPO juga mengelar berbagai program penjualan pada periode ini seperti paket Freedom Bundling 84GB selama 12 bulan dari Indosat, program tukar tambah dengan cashback hingga Rp500 ribu, berbagai kemudahan pembiayaan seperti gratis biaya admin dari Spektra dan AEON, serta bunga 0% dari Home Credit dan Kreditplus. OPPO Reno5 F hadir dengan dua pilihan warna Fluid Black dan Fantastic Purple. Smartphone ini dijual dengan harga resmi Rp4.299.000.

Editor
Share
×
tekid
back to top