Google I/O 2019

Menambahkan layanan video streaming ke Android TV jadi lebih gampang

Google akan memungkinkan pembuat aplikasi menggabungkan pendaftaran, penginstalan, dan mendaftar menjadi satu langkah.

Menambahkan layanan video streaming ke Android TV jadi lebih gampang Source: XDA Developers

Televisi pintar atau Smart TV saat ini kebanyakan mengantungi sistem operasi Android. Pada konferensi tahunan Google I/O, perusahaan mengungkapkan Android TV kini digunakan oleh lebih dari 140 operator TV berbayar di seluruh dunia, dan 6 dari 10 produsen Smart TV bekerja sama dengan Google pada perangkat Android TV.

Meski tidak ada pengumuman pembaruan signifikan untuk Android TV, Google mengatakan akan menjadikannya lebih mudah bagi orang untuk menambahkan aplikasi video streaming baru ke Android TV, baik itu set-top box atau Smart TV.


BACA JUGA

Google kembali hapus 85 aplikasi mengganggu dari Play Store

Google ketahuan uji fitur baru untuk Duo

Google Assistant bisa kirim reminder ke orang lain


Saat ini, jika pengguna ingin menambahkan layanan streaming video ke Android TV, prosesnya cukup rumit. Harus mencari aplikasi di Play Store, mengunduhnya, menginstalnya dan mendaftar untuk layanan tersebut. Nantinya, cara tersebut dapat disederhanakan secara drastis. Pasalnya Google akan memungkinkan penerbit aplikasi menggabungkan pendaftaran, penginstalan, dan mendaftar menjadi satu langkah.

Mengingat Android TV kini memiliki konten lebih dari 1.000 penyedia konten streaming, perubahan ini secara signifikan dapat mengurangi selisih dalam hubungan antara penyedia video dan pelanggannya.

Dilansir dari Digital Trends (8/5), Play Store Android TV juga akan mengalami perubahan tampilan. Versi baru toko aplikasi ini akan meluncur akhir tahun ini, yang akan menawarkan tata letak visual yang jauh lebih menarik lantaran menggunakan seluruh layar untuk kategori aplikasi, ketimbang gambar kecil yang bergulir secara horizontal.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: