sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 20 Jan 2022 19:31 WIB

MediaTek pamerkan teknologi Wi-Fi 7

MediaTek pamer kehebatan teknologi Wi-Fi 7, dimana memiliki kecepatan 2,4 kali lebih kencang dari Wi-Fi 6.

MediaTek pamerkan teknologi Wi-Fi 7

Penyempurnaan teknologi nirkabel saat ini terus dilakukan oleh berbagai pihak. Saat ini, kita sudah memiliki teknologi jaringan Wi-Fi 6, dimana menawarkan kecepatan internet kencang serta latensi rendah.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi jaringan nirkabel adalah MediaTek. Dan baru-baru ini, mereka berbicara mengenai teknologi jaringan nirkabel generasi selanjutnya, yakni Wi-Fi 7.

“Peluncuran Wi-Fi 7 akan menandai pertama kalinya jaringan nirkabel dapat menggantikan jaringan kabel (red: ethernet) untuk aplikasi bandwidth super tinggi,” kata Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity Business at MediaTek, Alan Hsu dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (20/1).

MediaTek mengungkapkan bahwa mereka menggunakan teknologi jaringan IEEE 802.11be digabungkan dengan teknologi multi-link operation (MLO), Wi-Fi 7 dapat mentransmisikan kecepatan jaringan yang sangat tinggi.

Seperti diketahui, teknologi MLO menggabungkan beberapa saluran pita frekuensi berbeda pada saat yang sama untuk menonjolkan bagaimana trafik jaringan tetap dapat mengalir dengan lancar, bahkan jika terdapat gangguan atau kemacetan pada pita tersebut. 

Teknologi MLO akan sangat penting untuk menghadirkan streaming video, game, dan apa pun yang lebih cepat dan andal yang membutuhkan permintaan throughput (ukuran bandwidth sebenarnya) yang konstan, berkelanjutan, dan real-time.

“Akses internet broadband yang lebih cepat dan aplikasi yang lebih menuntut seperti streaming video beresolusi lebih tinggi dan game VR mendorong permintaan untuk Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, dan segera Wi-Fi 7,” kata Group Vice President Semiconductors di IDC, Mario Morales.

Wi-Fi 7 sendiri memiliki keunikan tersendiri karena menawarkan kemampuan yang benar-benar baru di semua spektrum yang tersedia untuk penggunaan Wi-Fi, termasuk 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. 

Bahkan, Wi-Fi 7 juga akan menghadirkan kecepatan 2,4X lebih cepat daripada Wi-Fi 6, dengan jumlah antena yang sama. Hal ini dikarenakan Wi-Fi 7 dapat memanfaatkan saluran 320Mhz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K. 

Fitur penting lainnya dari Wi-Fi 7 termasuk MLO untuk mengurangi latensi dengan mentransmisikan Wi-Fi pada beberapa pita, di samping fitur unit sumber daya multi-pengguna (MRU) untuk menghindari dan mitigasi interferensi yang ditingkatkan. Produk dengan Wi-Fi 7 diperkirakan akan memasuki pasar mulai tahun 2023.

Share
×
tekid
back to top