sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 27 Jan 2022 14:31 WIB

MediaTek Kompanio 1380 dirancang untuk Cromebook premium

Kali ini perusahaan asal Taiwan MediaTek bakal menghadirkan prosesor untuk Chomebook premium, yang mana sebelumnya hanya untuk entry-level.

MediaTek Kompanio 1380 dirancang untuk Cromebook premium

MediaTek, perusahaan yang dikenal sebagai produsen chip kelas menengah dan terjangkau, kini mencoba menembus segmen premium dan juga mengubah jajaran chipsetnya untuk bersaing dengan pemimpin pasar seperti Qualcomm.

Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini tidak hanya membuat chip ponsel tetapi juga meluncurkan chip untuk tablet, smart TV, router, dan sebagainya. Sekarang, perusahaan telah mengumumkan chip baru untuk Chromebook premium, yaitu MediaTek Kompanio 1380.

Meskipun MediaTek sudah hadir di segmen Chromebook, sebagian besar terbatas pada produk entry-level. Dengan chip baru Kompanio 1380 ini, perusahaan kini mencoba menginjakkan kakinya di segmen premium.

Dilansir dari Gizmochina (27/1), MediaTek mengklaim chipset Kompanio 1380 memiliki performa tinggi dan konsumsi daya rendah. Ini hadir dengan fitur CPU octa-core dengan empat core Arm Cortex-A78 berperforma tinggi dengan kecepatan hingga 3 GHz untuk meningkatkan respons.

Chipset tersebut mengemas GPU Arm Mali-G57 lima inti yang mendukung visual cepat dan jelas, sedangkan LPDDR4X 2133 MHz quad-channel memastikan banyak bandwidth data. Ada juga prosesor AI multi-core yang mempercepat aplikasi AI-camera dan AI-voice.

MediaTek Kompanio 1380 mendukung hingga dua layar 4K 60 Hz, atau satu layar 4K 60 Hz ditambah dua layar 4K 30 Hz. Dengan A1 Hardware Decoding, pengguna dapat melakukan streaming film dan acara TV 4K. Ini juga dilengkapi dengan digital signal processor (DSP) khusus yang menyediakan kemampuan suara voice on wakeup (VoW) berdaya ultra rendah untuk asisten suara.

Acer Chromebook Spin 513 baru adalah perangkat pertama yang ditenagai oleh chipset MediaTek Kompanio 1380 ini dan akan mulai dijual bulan Juni. Perusahaan telah mengatakan bahwa akan lebih banyak perangkat yang ditenagai oleh prosesor baru ini.

Share
×
tekid
back to top