Marvell akuisisi Cavium senilai USD6 miliar

Langkah Marvell mengakuisisi Cavium untuk mengincar industri yang diisi Broadcom dan Intel.

Marvell Technology dikabarkan telah mencaplok rival produsen chip lainnya yang dikenal dengan Cavium dengan angka pembelian USD6 miliar. Berita yang didapat dari website resmi Cavium ini sekaligus menggambarkan langkah Marvell yang bersiap untuk memasuki pasar yang lebih besar. Pasar yang sudah diisi dua nama besar, yakni Intel dan Broadcom.

Marvell merupakan produsen semikonduktor, sirkuit dan chip untuk penyimpanan data. Sementara itu, Cavium memproduksi chip untuk perangkat komunikasi, baik kabel maupun nirkabel. Dengan bergabungnya dua perusahaan, diharapkan mampu menghasilkan pendapatan sekitar USD3.4 miliar.

“Ini adalah kombinasi menarik dari dua perusahaan yang saling melengkapi satu sama lain,” ujar Matt Murphy selaku President dan CEO Marvell. “Kombinasi ini akan memperluas dan menambah diversifikasi pendapatan dan pasar kami.”

Industri semikonduktor saat ini memang sedang memanas dengan strategi mengurangi rival dengan mengajukan penawaran akuisisi. Baru minggu lalu kita mendengar kabar bahwa Broadcom mengajukan penawaran ke Qualcomm dengan nilai penawaran USD130 miliar. Namun sayangnya penawaran itu ditolak oleh Qualcomm.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: