sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 07 Feb 2022 14:38 WIB

MacBook Pro M1 Pro (2021) bisa bertahan hingga 19 jam

Dalam pengujian terbaru, MacBook Pro M1 Pro dapat bertahan selama 19 jam lebih saat diuji menyetel video YouTube tanpa henti.

MacBook Pro M1 Pro (2021) bisa bertahan hingga 19 jam
Source: Wccftech

Kehadiran jajaran laptop Apple dengan chipset M1 memang mengejutkan para penggemar teknologi. Apaalgi Apple mengklaim pengguna akan mendapatkan performa yang tinggi dari laptop dengan chipset tersebut, Selain itu, mereka juga mengklaim bahwa laptop ini menawarkan masa pakai baterai yang sangat panjang.

Sayangnya, laptop terbaru Apple masih memiliki masa pakai baterai yang lebih rendah dari beberapa laptop lain dengan performa yang setara. Hal ini tentunya membuat Apple tidak terlalu senang.

Dalam sebuah bocoran terbaru, disebutkan bahwa perusahaan asal Cupertino tersebut telah memperbaiki masalah masa pakai tersebut di perangkat MacBook mereka. Dan dalam sebuah pengujian, MacBook Pro 2021 memiliki performa baterai yang lebih baik.

MacBook Pro 2021 yang duji menggunakan prosesor M1 Max. Sebagai pembanding, mereka turut menguji Dell G5 5515 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5800H, dengan GPU RTX 3060. Laptop Dell yang diuji memiliki masa pakai baterai yang sangat baik, yakni dapat bertahan 746 menit (sekitar 12,4 jam) saat diuji memutar video YouTube tanpa berhenti. Tapi hasil dari pengujian MacBook Pro akan lebih mengejutkan kalian.

Dilansir dari Wccftech (7/2), MacBook Pro 2021 M1 Pro dapat bertahan dalam waktu 1195 menit (sekitar 19,9 jam) dalam pengujian yang sama. Tapi, memang ada perbedaan antara kedua laptop yang diuji.

MacBook Pro 2021 memiliki total 10 inti CPU dan total 16 inti GPU, dengan baterai 100Whr. Di sisi lain, Dell menggunakan baterai 86Whr dan menggunakan CPU 8 core 16 thread dan GPU yang cukup haus daya.

Walaupun ada perbedaan dari sisi baterai, namun tetap saja hasil kedua laptop tersebut sangat mengesankan. Ini membuktikan bahwa efisiensi CPU semakin tahun semakin baik, dimana memiliki performa tinggi namun memiliki efisiensi daya yang baik juga.

Di sisi lain, masih belum jelas juga apakah dengan kapasitas baterai yang sama, MacBook Pro 2021 yang menggunakan M1 Max akan menggunakan daya yang lebih baik atau tidak. Namun, bisa dibayangkan karena memiliki inti GPU yang lebih banyak, kemungkinan besar akan mengkonsumsi lebih banyak daya.

Share
×
tekid
back to top