sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Kamis, 13 Feb 2020 15:16 WIB

Live Caption Android 10 bakal hadir di Chrome

Google kabarnya akan memboyong fitur Live Caption di Android 10 ke peramban Chrome. Saat ini fitur tersebut masih dikembangkan oleh Google untuk Chrome.

Live Caption Android 10 bakal hadir di Chrome
Source: Google

Google memperkenalkan tools bernama Live Caption bersamaan dengan peluncuran Android 10 pada ajang Google I/O tahun lalu. Sesuai namanya, fitur ini didesain untuk menampilkan caption dari audio yang diputar di smartphone Android. Fitur ini bekerja untuk konten video, podcast, pesan suara atau bahkan media lain yang memiliki suara. 

Ada beberapa skema yang menurut Google akan didukung oleh fitur ini, misalnya untuk mereka yang memiliki masalah pendengaran. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan berguna ketika pengguna hendak menonton video di lingkungan yang memiliki banyak gangguan suara di sekitarnya. 

Google kabarnya sedang bekerja untuk menghadirkan fitur itu juga di peramban miliknya, yakni Chrome. Salah satu yang menjadi perhatian adalah adanya SODA (Speech On-Device API). Ini merupakan layanan krusial yang dibutuhkan agar fitur live caption dapat bekerja di browser. SODA merupakan produk yang dibuat langsung oleh Google Speech yang akan mentranskrip audio menjadi teks. 

“CL ini membuat layanan yang menampung Speech On-Device API (SODA). CL ini sendiri mengandung beberapa komponen yang dibutuhkan untuk meluncurkan fitur ini sejak dari proses render, namun implementasi untuk layanan ini sendiri dinonaktifkan.” demikian deskripsi yang tertulis dalam Chromium Gerrit, seperti dilansir dari XDA Developer (13/2). 

Dalam salah satu komentar, fitur ini diharapkan dapat hadir juga dengan nama Live Caption. Kendati begitu, Google menginginkan SODA bukan sekadar menjalankan fungsi Live Caption saja. Pasalnya, berdasarkan diskusi dengan tim ChromeOS, tampaknya Google memiliki skenario untuk speech recognition yang akan dibuat di masa depan.

Sampai saat ini, Google belum memberikan informasi apa pun terkait fitur ini di Chrome. Namun bocoran ini cukup memberi gambaran bahwa fitur Chrome ini akan hadir mirip dengan Live Caption di Android 10. 

Share
×
img
×
tekid
back to top