sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 14 Des 2021 10:44 WIB

Laptop terbaik 2021 pilihan kami

Setiap tahunnya, kami memilih produk terbaik yang telah kami ulas secara mendalam. Pemilihan produk ini pun tidak mudah karena banyak faktor yang dipertimbangkan untuk memilih sebuah laptop terbaik. Dan inilah pilihan kami tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Laptop terbaik 2021 pilihan kami

Tahun 2021 ini masih tidak terlalu berbeda dengan 2020. Semua orang masih harus melakukan segala kegiatan mereka dari rumah, baik bekerja, belajar, dan melakukan berbagai hal lainnya dari rumah.

Hal ini membuat laptop menjadi teman terbaik bagi sebagian besar orang tidak hanya di Indonesia, namun di seluruh dunia. Dan kalau boleh jujur, tahun 2021 merupakan tahun yang sangat unik bagi penggemar teknologi.

Salah satu yang membuat menarik adalah harga chipset yang melambung tinggi, yang membuat harga GPU desktop melambung tinggi. Oleh karena itu, para gamer pun semakin tertarik dengan laptop. Ini menjadikan vendor harus semakin inovatif dalam mengembangkan produk.

Produktivitas juga menjadi salah satu hal yang vital selama masa-masa seperti ini. Tapi, banyak orang yang juga memperhatikan style dari laptop yang mereka pilih, berharap pandemi ini cepat berlalu sehingga mereka bisa kembali memamerkan apa yang mereka miliki.

Di sisi lain, tak sedikit orang yang terkena imbas dari pandemi ini, dimana pendapatan mereka berkurang. Jadi, mereka memilih untuk mencari sebuah perangkat yang terjangkau namun tetap bertenaga.

Mengacu dengan fakta tersebut, kami pun membuat kategori untuk laptop yang sesuai. Ada tiga kategori yang kami hadirkan, yakni Best Budget Gaming, Best Budget Mainstream, dan Best Budget Productivity.

Kami pun memilih pemenang secara independen dan tanpa intervensi dari pihak manapun. Dan untuk metode yang kami gunakan untuk memilih pemenang bukan hanya berdasarkan spesifikasi dan benchmark, namun juga pengalaman penggunaan serta fitur yang ditawarkan. 

Pada tahun ini, ada 19 laptop yang singgah di redaksi Tek.id. Dan berikut ini adalah pilihan kami. Kami berharap, di 2022 semua vendor dapat menghadirkan inovasi baru untuk para penggemar teknologi di seluruh dunia!

Best Budget Gaming - Lenovo Legion 5i Pro (White)

Tahun ini merupakan tahun yang sangat sibuk untuk para gamer. Soalnya, mereka sibuk mencari laptop gaming terbaik dikarenakan harga GPU yang tak masuk akal. Pilihan kami jatuh ke Lenovo Legion 5i Pro (White) dikarenakan berbagai pertimbangan.

Pertama, Lenovo berani membuat sebuah laptop yang standout. Hadir dengan warna putih, laptop ini serasa bukan laptop gaming, namun lebih terlihat seperti laptop profesional atau laptop desainer.

Hal ini membuat para profesional dan desainer dapat melakukan presentasi dengan laptop ini di depan klien pada siang hari dan bermain gim di malam hari

Dilengkapi dengan prosesor Intel Core 17-11800H yang dipadukan dengan RAM 32GB DDR4 3200 dan penyimpanan SSD NVMe PCIe gen 4 1TB. Dan untuk GPU nya, Lenovo memiliki dua pilihan, yakni NVIDIA GeForce RTX 3070 atau RTX 3060.

Sistem pendinginannya juga juara. Spesifikasi laptop ini pun bisa dibilang hampir setara dengan MSI Stealth 15, namun hasil benchmarknya cukup jauh mengungguli laptop tersebut karena sistem pendinginan yang sangat mumpuni untuk sebuah laptop gaming. Dan untuk harga, varian RTX 3070 dibanderol Rp33 juta-an, sedangkan varian RTX 3060 ada di kisara Rp27 juta-an.

Best Budget Mainstream - Acer Swift 3 Air 3

Acer Swift 3 Air 3 hadir dengan layar 13 inci dengan rasio layar 3:2. Rasio layar ini memberikan tampilan 18% lebih luas secara vertikal, sehingga kita dapat memasukkan lebih banyak informasi di satu layar.

Resolusi layar Acer Swift 3 Air 3 sudah 2K yang 256 persen lebih tajam jika dibandingkan dengan layar beresolusi HD. Mereka juga menyematkan panel IPS di laptop ini.

Prosesornya sudah menggunakan Intel Core generasi ke-11 dengan pilihan RAM dan penyimpanan yang luas, serta hadir dengan GPU Intel Iris Xe terbaru yang kencang. Sementara itu, untuk konektivitas terdapat Thunderbolt 4 yang super kencang.

Best Budget Productivity - Huawei MateBook X (2021)

Laptop ini masih mempertahankan desain dari versi tahun lalu yang mirip dengan MacBook milik Apple. Kami menyukai MateBook X karena sangat enak dipakai, kencang, dan stylish.

Pilihan prosesornya ada dua, yakni Intel Core i5-1135G7 dan Intel Core i7-1165G7. Hadir pula pilihan RAM 16GB LPDDR4X 4266Mhz serta penyimpanan 512GB atau 1TB SSD NVMe. Selain itu, terdapat juga Wi-Fi 6 yang pengalaman berselancar internet jadi kencang.

Huawei  MateBook X sudah menggunakan panel IPS dan memiliki akurasi warna sRGB 100% dengan kecerahan layar hingga 450 nits. Rasio layarnya 3:2, dengan resolusi layar 3000 x 2000 pixel, kepadatan pixel 260 PPI, dan memiliki rasio layar ke body hingga 91%.

Editor
Share
×
tekid
back to top