sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
Jumat, 19 Feb 2021 13:43 WIB

Lagi, video PewDiePie dihapus YouTube

YouTube telah menghapus video YouTuber PewDiePie yang berisi lagu yang mengolok-olok channel Cocomelon.

Lagi, video PewDiePie dihapus YouTube
Source: YouTube/PewDiePie

YouTube kembali mengahapus salah satu video baru dari YouTuber PewDiePie atau Felix Kjellberg. Video berisi sebuah lagu pelecehan yang ditujukan pada saluran anak-anak populer, Cocomelon. Penghapusan ini disebut karena telah melanggar pedoman seputar penindasan maya dan keselamatan anak.

Dalam video, Kjellberg menyerang konten Cocomelon dan mengolok anak-anak yang menonton. Ia juga menggunakan frasa seperti “your audience is just a bunch of motherfucking virgins.” Tentu saja, frasa tersebut melanggar pedoman YouTube dalam menggunakan bahasa yang menyinggung atau vulgar dalam video yang menyertakan anak-anak.

Meski video terlihat dibuat untuk anak-anak, namun tim YouTube menegaskan melalui Twitter kalau konten itu merugikan komunitas YouTube dengan terus-menerus menghasut permusuhan antara pembuat konten untuk keuntungan finansial. Selain itu, penghapusan juga sejalan dengan kebijakan YouTube yang berfokus pada pencegahan pelecehan antar kreator.

“Kebijakan kami melarang konten yang mengarah pada pola pelecehan berulang di dalam dan di luar platform. Setelah melakukan peninjauan, kami telah menghapus video yang dipermasalahkan karena melanggar kebijakan tersebut karena berdampak mendorong perilaku kasar penggemar,” kata juru bicara YouTube dikutip dari TheVerge (19/2).

Kjellberg mengakui, sebagian alasan Cocomelon menarik perhatiannya adalah karena pertumbuhan yang luar biasa pada saluran tersebut. Sejak Juni 2020, lelaki asal Swedia itu sudah memperhatikan Cocomelaon yang mendapat subscriber dengan cepat. Hingga pertengahan Desember, mereka telah melampaui 100 juta pengikut.

Ini bukan pertama kalinya bagi Kjellberg mengomentari sesuatu secara berlebihan. YouTuber yang sempat menyandang gelar nomor satu ini kerap kali kontroversi dengan opini yang diucapkan melalui video. Pada 2018 lalu, ia merilis “Bitch Lasagna” selama perseteruan dengan studio T-Series India Bollywood. Saat itu, T-Series menyalip jumlah subscriber Kjellberg, yang kini hampir dialami Cocomelon.

Setelah video lagu terbarunya dihapus, ia mem-posting video baru yang berjudul “I Love Kids” pada 17 Februari. Kjellberg mengatakan tidak akan melanjutkan perseteruan.

“Saya melihat ini sebagai final,” katanya. “Saya tidak akan melanjutkannya karena, pertama, itu tidak lucu, dan kedua, Saya sebenarnya tidak peduli tentang Cocomelon.” Untuk diketahui, jumlah pelanggan PewDiePie sebanyak 109 juta, lebih banyak 4 juta daripada yang diiliki Cocomelon saat ini.

Share
×
tekid
back to top