sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 29 Agst 2020 08:34 WIB

Kupas tuntas semua fitur kamera Oppo Reno4

Dengan mengandalkan AI, fitur kamera Reno4 bisa menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang menarik, beresolusi tinggi, serta bisa membuat foto malam jadi lebih terang.

Kupas tuntas semua fitur kamera Oppo Reno4

Sebagai seri terbaru, Oppo Reno4 yang diluncurkan beberapa saat lalu kembali hadir dengan inovasi baru pada fitur kameranya. Untuk varian Reno4, masih mengandalkan dukungan AI untuk mendapatkan hasil foto yang apik. Namun tentunya, Oppo punya beberapa fitur baru yang pastinya bikin pengguna muda jauh lebih kreatif.

Sebelum membahas fitur-fitur pada kameranya, Oppo Reno4 mengusung konfigurasi empat kamera utama yang disebut Innovative Quadcam. Kamera belakangnya terdiri dari 48MP Sony IMX586 sensor berukuran 1/2". Lalu ada kamera 8MP Ultra Wide Angle Camera 1/4" ber-aperture f/2.2. Lalu ada kamera 2MP Macro Camera f/2.4. Terakhir kamera 2MP Mono Camera dengan aperture f/2.4.

Untuk kamera mukanya, Oppo Reno4 sejatinya hanya memiliki satu buah kamera 32MP dengan aperture f/2.4. Sementara disebelahnya merupakan kamera yang disiapkan untuk mendukung sistem keamanan AON Smart Sensor.

Lantas apa saja fitur yang dimiliki kamera Oppo Reno4?

Bermain dengan warna

Salah satu fitur baru pada Reno4 adalah kemampuannya untuk membuat objek foto manusia tetap berwarna, sementara latar belakangnya menjadi hitam putih atau monokrom dan dibuat blur atau bokeh. Fitur ini bernama AI Color Portrait.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur ini mengandalkan dukungan AI untuk mendeteksi objek manusia. Ketika AI mendeteksi objek manusia, kemudian AI akan memisahkan objek manusia dengan latar belakang. Kemudian warna pada objek manusia tetap dijaga, sementara warna pada latar belakang di hitam putihkan. Fitur ini juga bisa digunakan pada kamera muka.

AI Color Portrait

Kinerja AI tergolong cukup gesit saat mendeteksi objek manusia. Pemisahannya pun tergolong rapi. Hal ini bisa dilihat dari tepian objek manusia yang dipisahkan dengan rapi. Tidak ada kebocoran warna yang terlihat pada tepian objek dengan latar belakang. Bokehnya pun tampak halus.

Pemisahan warna antara objek dengan latar belakang tampak rapi

Untuk mengaktifkan fitur AI Color Portrait, kalian harus masuk ke Menu Portrait terlebih dahulu. Kemudian ketuk ikon tiga bulatan di sisi atas, kemudian pilih menu AI Color Portrait. Saat hendak mengambil foto, arahkan Reno4 menghadap objek, tunggu sampai AI mendeteksi objek dan merubah warna latar belakang hitam putih. Kemudian ketuk tombol shutter.

Fitur baru yang kedua adalah Night Flare Portrait. Fitur yang bakal membuat foto malam hari jadi jauh lebih kece. Fitur Night Flare Portrait diyakini Oppo juga mengoptimalkan dukungan AI, namun berbeda dengan yang diterapkan pada AI Color Portrait. Jika AI Color Portrait membuat latar belakang jadi hitam putih, fitur Night Flare Portrait justru membuat tampilan belakang tampak jauh lebih dramatis dengan membuat sumber cahaya seperti lampu membulat dan bokeh.

Night Flare Portrait

Untuk membuat hasil foto seperti di atas, umumnya fotografer membutuhkan kamera profesional lengkap dengan lensa yang memiliki spesifikasi dengan perkiraan diafragma f/2.8 serta dukungan beberapa peralatan lainnya. Namun, dengan fitur Night Flare Portrait pada Oppo Reno4, rasanya anak muda sudah tidak repot lagi untuk menghasilkan foto dramatis seperti itu.

Agar mendapatkan hasil foto yang apik saat menggunakan fitur Night Flare Portrait, pastikan objek manusia mendapatkan cahaya yang cukup. Hal ini untuk memudahkan AI dalam mendeteksi objek dan memisahkan latar belakangnya.

Fitur ini bisa ditemukan pada menu Portrait. Kemudian ketuk ikon tiga bulatan di sisi atas, kemudian pilih menu Night Flare Portrait.

Pada menu Portrait, Oppo juga memiliki kumpulan filter yang bisa kalian gunakan sesuai dengan karakter warna yang ingin kalian tampilkan. Total ada tujuh filter yang bisa kalian pakai. Filter ini bisa kalian temukan pada logo ikon tiga bulatan pada menu Portrait

Filter warna

Selain dua fitur baru tadi, perangkat Oppo juga dapat menghasilkan foto dengan tampilan warna yang menonjol atau istilahnya 'nge-pop'. Fitur ini disebut Dazzle Color.

Dazzle Color bekerja dengan mengidentifikasi bidang pandang kamera, kemudian meningkatkan detail, kecerahan, dan warna dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Menariknya fitur Dazzle Color dapat membedakan warna natural kulit sehingga tidak banyak peningkatan yang diaplikasikan pada kulit manusia untuk mendapatkan warna yang lebih natural.

Fitur Dazzle Color ini sejatinya bisa dipakai di berbagai scene. Namun, untuk mendapatkan efek yang lebih memukau, kalian harus mencoba fitur ini untuk mengabadikan momen saat matahari tenggelam atau saat terbit. Objek dengan ragam kombinasi warna juga patut kalian coba.

contoh foto Dazzle Color off/on

Foto resolusi sedang, besar, sampai besar banget

    Editor
    Share
    ×
    tekid
    back to top