Kini bisa lapor kemacetan via Google Maps

Google menambahkan kemampuan untuk melaporkan perlambatan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di aplikasinya.

Kini bisa lapor kemacetan via Google Maps (Foto: 9to5google)

Fitur laporan sebuah insiden di Google Maps sudah cukup lama hadir dan membantu pengguna. Kini Google meningkatkan aplikasi navigasi itu agar lebih berguna. Google menambahkan kemampuan untuk melaporkan perlambatan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Dilansir 9t05google (8/4), kemampuan itu diluncurkan Google secara luas pekan ini. Pengguna akan melihat tambahan laporan baru "pelambatan". Secara teknis, Google Maps memang sudah bisa melaporkan kemacetan lalu lintas karena aplikasi ini menambang data dari pengguna untuk mengetahui apakah ada kendala di jalan. Namun perlu waktu yang cukup untuk mengumpulkan data tersebut.


BACA JUGA

Google bayar jutaan dolar akibat langgar privasi anak-anak

Sah! Proyek Dragonfly resmi ditutup

Satu lagi pengembang nakal diblokir dari Google Play Store


Dengan tambahan laporan dari pengguna untuk melaporkan kemacetan, Google Maps berpotensi mengumpulkan data itu lebih cepat. Akurasinya juga akan meningkat dibanding sebelumnya.

Menariknya Google Maps mengubah nama pelaporan berdasarkan lokasi pengguna. Di Inggris misalnya, pengguna Google Maps akan melihat pelaporan sebagai "kemacetan" bukan "pelambatan".

Sebagaimana melaporkan insiden kecelakaan, opsi pelambatan baru ini juga bisa diakses melalui tombol laporan di antarmuka navigasi Google Maps. Kemampuan ini belum diluncurkan ke semua pengguna, sehingga belum semua pengguna bisa memakai fitur ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: