sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Senin, 12 Apr 2021 17:41 WIB

Keunggulan seri Redmi Note pertama dengan Super AMOLED dan speaker stereo

Meskipun hadir dari kelas menengah, ponsel seri Redmi Note diperkuat dengan spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan ponsel dari merek lain di kelasnya.

Keunggulan seri Redmi Note pertama dengan Super AMOLED dan speaker stereo

Redmi Note merupakan seri ponsel buatan Xiaomi yang menyasar kepada kelas menengah. Karena produk dari Xiaomi, tentu saja seri Redmi Note memiliki filosofi untuk menghadirkan produk berkualitas tetapi dengan harga yang terjangkau.

Meskipun hadir dari kelas menengah, ponsel seri Redmi Note diperkuat dengan spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan ponsel dari merek lain di kelasnya. Terlebih lagi, baru-baru ini Xiaomi mendaratkan ponsel Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10 untuk masyarakat Indonesia.

Salah satu kelebihan dari kedua ponsel anyar itu adalah menggunakan panel layar berteknologi Super AMOLED. Ini berarti bahwa Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 merupakan seri Redmi Note pertama yang menggunakan layar Super AMOLED. Sangat jarang ponsel kelas menengah yang menggunakan layar Super AMOLED tetapi dengan harga terjangkau. Rata-rata ponsel dengan teknologi layar tersebut memiliki harga sekitar Rp4 juta ke atas.

Berbeda dengan layar LCD, layar Super AMOLED tidak memerlukan penerangan di latarnya. Artinya Super AMOLED memiliki cahaya pada setiap pikselnya. Karena tidak menggunakan panel tambahan sebagai penerangan (biasanya LED), maka Super AMOLED memiliki desain yang lebih tipis jika dibandingkan dengan layar LCD. Profil yang tipis dari panel tersebut dapat pula memungkinkan ponsel berdesain tipis dan juga ringan.

Fakta bahwa Super AMOLED dapat berpendar sendiri, ini memungkinkan kualitas kontras yang sangat tinggi serta relatif lebih irit daya baterai karena hanya mengaktifkan piksel sesuai kebutuhan. Ketika ponsel berlayar Super AMOLED masuk ke dalam mode gelap, maka selain tidak menyilaukan mata, ia juga menjadi lebih irit daya.

Selain unggul dalam hal visual, seri Redmi Note 10 juga patut diacungi jempol dalam bidang audio yang dimilikinya. Pasalnya, baik Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10 diperkuat pula dengan speaker ganda dengan efek stereo.

Masing-masing ponsel tersebut memiliki speaker ganda di bagian sisi atas dan bawahnya. Dengan demikian, ketika bermain gim dan menonton film secara orientasi lanskap, maka akan terasa pengalaman yang lebih sinematis tanpa menggunakan earphone atau semacamnya.

Kedua speaker ini hadir dengan posisi seimbang, artinya salah satu dari speaker stereo ini tidak menggunakan speaker untuk telinga ketika melakukan panggilan telepon. Dengan demikian amplitudo antara channel kiri dan kanan akan terdengar sama, ditambah dengan separasi stereo yang lebar. Sangat jarang audio stereo hadir di ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau. Sekali pun ada, harganya dibanderol mulai dari sekitar Rp5 juta ke atas.

Layar Super AMOLED Redmi Note 10 Pro berukuran 6,67 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel. Selain itu, ada pula dukungan refresh rate tinggi 120 Hz. Ini memungkinkan konten bergerak lebih mulus tanpa gangguan blur.

Prosesor di dalamnya terdapat Snapdragon 732G dengan RAM hingga 8 GB dan ROM 128 GB. Di belakangnya ada kamera utama beresolusi 108 MP, kamera lensa ultra lebar 8 MP, kamera telemakro 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Kamera depannya hadir dengan resolusi 16 MP.

Fitur lainnya adalah sensor sidik jari yang dipasang di samping, AI face Unlock, NFC, speaker stereo, IR Blaster, sertifikasi IP53, baterai 5020 mAh, dan pengisian cepat 33W. Sistem antarmuka yang digunakannya adalah MIUI 12 dengan basis Android 11.

Sedangkan layar AMOLED di Redmi Note 10 berukuran 6,43 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. kecerahan maksimal untuk layar tersebut adalah 1100 nit. Di atas kertas, kecerahan ini cukup dapat diandalkan ketika berada di kondisi siang hari dengan keadaan yang terik.

Prosesor di dalamnya adalah Snapdragon 678. Ada 4 kamera di bagian belakang: kamera utama 48 MP, kamera lensa ultra lebar 8 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Sedangkan kamera depan memiliki sensor beresolusi 13 MP.

Redmi Note 10 memiliki sensor sidik jari di samping, AI Face Unlock, speaker stereo, jack audio, IR Blaster, dan Bluetooth 5.1. kapasitas baterainya adalah 5.000 mAh yang dilengkapi dengan sistem pengisian cepat 33W.

Harga untuk Redmi Note 10 adalah Rp2.399.000 (RAM 4GB / ROM 64GB). Sedangkan untuk Redmi Note 10 Pro dihargai Rp3.599.000 untuk versi RAM 6GB / ROM 64GB, dan Rp3.999.000 untuk versi RAM 8GB / ROM 128GB.

Editor
Share
×
tekid
back to top