sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Selasa, 08 Sep 2020 16:45 WIB

Kata MediaTek soal 5G di Indonesia

Kehadiran banyak perangkat 5G di Indonesia membuat masyarakat bertanya-tanya kapan jaringan 5G akan hadir di Indonesia. Dan inilah pandangan MediaTek terhadap jaringan 5G di Indonesia.

Kata MediaTek soal 5G di Indonesia
MediaTek Dimensity

Selama enam bulan terakhir ini perangkat yang menggunakan teknologi jaringan 5G di dunia sudah semakin banyak. Di Indonesia saja, kita sudah memiliki smartphone yang mendukung jaringan tersebut.

Sayangnya, di Indonesia hingga saat ini masih belum diketahui kapan jaringan 5G ini akan tersedia. Padahal, semakin banyak pihak yang ingin membawa perangkat dengan teknologi 5G ke Indonesia, termasuk MediaTek.

Seperti diketahui, MediaTek saat ini memiliki jajaran prosesor Dimensity yang sudah mendukung jaringan 5G. Mereka sudah memiliki beberapa prosesor yang telah diluncurkan, termasuk Dimensity 1000, 820, 800, dan yang terbaru 800U serta 720.

Saat ini, MediaTek pun mengatakan sudah siap untuk membawa beberapa smartphone dengan prosesor tersebut keluar dari Tiongkok. Tapi, sebenarnya sudah siapkah Indonesia untuk menyongsong 5G?

Technical Account Manager APAC MediaTek, Chinlin Low mengatakan, selama ini mereka melihat ada kesiapan dari sisi operator telekomunikasi di Indonesia untuk menggelar jarigan 5G.

Dalam acara SEA Media Coffee Talk bersama MediaTek yang dilaksanakan Selasa (8/9), mereka mengatakan bahwa di Indonesia, para operator sudah pernah melakukan uji jaringan 5G sejak 2018.

“Apa yang kami lihat adalah operator sudah bekerja dengan keras untuk jaringan 5G. Kami lihat operator sudah siap untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan pihak operator, dan tampaknya mereka sudah siap,” kata Chinlin kepada Tek.id.

“Masalah di Indonesia adalah spektrum yang dipakai oleh jaringan 5G bentrok dengan jaringan yang sudah ada. Tinggal bagaimana pemerintah, di sini diwakilkan oleh Kemenkominfo untuk membenahi masalah ini,” lanjutnya.

Saat ditanyakan kapan menurut mereka jaringan 5G akan dapat dijalankan dengan penuh, mereka memprediksi dalam waktu dekat ini Indonesia akan dapat menjalankan jaringan 5G seutuhnya. “Menurut kami Indonesia siap menggelar 5G pada 2024 mendatang. Tapi, yang tahu kepastian kapan jaringan ini siap untuk dijalankan seutuhnya, yang tahu hanyalah pemerintah (Kominfo),” paparnya.

Seperti diketahui, modem 5G yang ada di Dimensity memiliki teknologi 5G 2CC CA. Teknologi ini menawarkan 30% high speed 5G coverage dan 2x double speed jika dibandingkan dengan 5G 1cc dan mampu memiliki kecepatan download hingga 4,7GBps dan upload hingga 2,5GBps.

Ada juga teknologi MediaTek 5G UltraSave yang  membuat modem bekerja lebih power efficient dan memiliki kecerdasan algoritma untuk menentukan frekuensi terbaik yang tersedia di sekitar pengguna.

Tag
Share
×
tekid
back to top