sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Senin, 08 Apr 2024 06:56 WIB

Jumlah aplikasi di HarmonyOS sudah mencapai 4.000

Huawei mengungkapkan bahwa jumlah aplikasi asli HarmonyOS kini telah mencapai angka 4000, dan masih banyak lagi yang sedang dikembangkan.

Jumlah aplikasi di HarmonyOS sudah mencapai 4.000

Huawei telah membuat pengumuman signifikan mengenai sistem operasi mobile HarmonyOS buatannya sendiri. Perusahaan mengungkapkan bahwa jumlah aplikasi asli HarmonyOS kini telah mencapai angka 4000, dan masih banyak lagi yang sedang dikembangkan.

Berita ini muncul ketika Huawei bersiap untuk merilis HarmonyOS NEXT, versi sederhana dari HarmonyOS yang berfokus secara eksklusif pada pengalaman HarmonyOS yang disesuaikan.

Dilansir dari Gizmochina (8/4), HarmonyOS versi saat ini dirancang untuk berfungsi pada ponsel cerdas sambil mengintegrasikan perpustakaan Android sumber terbuka untuk dukungan aplikasi lama. Artinya pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Android di ponsel Huawei. Namun dengan HarmonyOS NEXT, perusahaan akan sepenuhnya menghilangkan dukungan aplikasi Android.

Keputusan untuk menghapus pivot dari Android di HarmonyOS NEXT mungkin disebabkan oleh niat Huawei untuk fokus secara eksklusif pada pengembangan aplikasi HarmonyOS.

Empat bulan lalu, perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 200 pengembang telah mulai mengerjakan aplikasi HarmonyOS. Angka yang ada saat ini menunjukkan peningkatan sebesar 20 kali lipat yang menunjukkan pertumbuhan pesat dalam ekosistem.

Huawei Developer Conference 2023 menjadi platform pengumuman tersebut. Huawei menyoroti tujuannya untuk memberikan pengalaman HarmonyOS universal di seluruh perangkatnya, dan menjanjikan peningkatan kinerja.

Optimasi perangkat lunak dan arsitektur akan menghasilkan kompatibilitas yang lebih baik, memastikan aplikasi dan game berjalan dengan lancar. Saat ini, perpustakaan aplikasi HarmonyOS mencakup kategori seperti gaya hidup, perjalanan, keuangan, media sosial, produktivitas, hiburan, dan permainan.

Meskipun memperluas ekosistem aplikasinya sangat penting bagi Huawei, sistem operasi mobile yang sepenuhnya asli dapat memperkuat posisinya di Tiongkok, yang bertujuan untuk bersaing dengan dominasi Android.

HarmonyOS NEXT saat ini dapat diakses oleh pengembang untuk pengujian. Peluncuran perangkat Huawei secara luas ke konsumen mungkin akan dilakukan pada konferensi HDC 2024 akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top