sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Minggu, 26 Agst 2018 10:44 WIB

Jepang gandeng Uber dan Boeing wujudkan mobil terbang

Pemerintah Jepang menggandeng Uber dan Boeing dalam untuk menghadirkan kendaraan udara ke negaranya di masa mendatang

Jepang gandeng Uber dan Boeing wujudkan mobil terbang

Jepang tengah berupaya mewujudkan pengembangan mobil terbang. Pemerintah Jepang menggandeng Uber dan Boeing dalam untuk menghadirkan kendaraan udara ke negaranya di masa mendatang.

Menurut pernyataan dari Kementerian Perdagangan Tokyo, kelompok ini untuk tahap awal akan terdiri dari 21 perusahaan dan orgaisasi termasuk Airbus SE, NEC Corp, startup yang didukung Toyota Motor Corp yang disebut Cartivator, ANA Holdings Inc, Japan Airlines Co dan Yamato Holdings Co. Setiap perwakilan dari kelompok itu akan melakukan pertemuan terakit roadmap di tahun ini.

"Pemerintah Jepang akan memberikan dukungan yang tepat untuk membantu mewujudkan konsep mobil terbang, seperti pembuatan aturan yang dapat diterima," kata kementerian itu dikutip Bloomberg.

Konsep mobil terbang akan membantu memperlebar jalan yang kini sudah dipadati kendaraan. Startup di seluruh dunia juga tengah mengupayakan kendaraan itu, namun sejauh ini masih berupa fiksi ilmiah. Diharapkan kelompok ini akan menunjukkan urgensi pada teknologi mobil terbang nyata berikut undang-undang yang akan memfasilitasi terwujudnya implementasi teknologi tersebut.

Teknologi penerbangan sendiri memang perlu mendapatkan persetujuan dari beberapa regulator yang biasanya memakan waktu hingga bertahun-tahun. "Penting bagi pemerintah untuk memimpin dan berkoordinasi dalam menetapkan standar keamanan," kata Yasuo Hashimoto, peneliti di Japan Aviation Management Research yang berbasis di Tokyo.

Disisi lain beberapa perusahaan juga telah menunjukkan minatnya mengembangkan kendaraan terbang. Uber misalnya akan menginvestasikan EUR20 juta selama lima tahun ke depan untuk mengembangkan layanan mobil terbang di Paris pada 2023.

Startup Kitty Hawk yang didirikan dan didukung oleh pendiri Google Larry Page juga telah menawarkan kendaraan wisata terbang. Perusahaan lainya yang menunjukkan minat pada mobil terbang termasuk Volkswagen AG, Daimler AG dan produsen mobil Cina Geely Automobile Holdings Ltd. Produsen mobil Jepang sendiri belum mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan mobil terbang.

Share
×
tekid
back to top