sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 05 Apr 2024 20:06 WIB

iPad OLED pertama disinyalir hadir bulan Mei

Panel OLED akan menawarkan warna lebih tajam dan memberikan kontras yang lebih baik pada model iPad baru.

iPad OLED pertama disinyalir hadir bulan Mei

Sudah cukup lama kita tidak melihat iPad baru, tepatnya 18 bulan. Apple telah mengabaikan tablet populernya demi meningkatkan komputer Mac-nya dan meluncurkan seri iPhone 15, yang membuat jajaran produk tablet saat ini tidak tersentuh selama lebih dari setahun.

Untungnya, para penggemar iPad seharusnya dapat bernapas lega, karena Apple tampaknya akan kembali lebih baik dari sebelumnya menurut rumor baru yang berasal dari Mark Gurman dari Bloomberg. Menurut laporan ini, kita mungkin melihat serangkaian iPad baru diluncurkan pada bulan depan.

Dilansir dari What Hifi (5/4), Gurman mengaitkan spekulasi peluncuran yang akan segera terjadi ini dengan peningkatan produksi layar iPad, yang juga mengungkapkan dua peningkatan besar pada jajaran iPad dalam prosesnya.

Dimulai dengan iPad Pro baru, Apple diperkirakan akan beralih dari Mini LED ke OLED pada penawaran tablet premiumnya. Apple telah melengkapi iPhone-nya dengan layar OLED sejak iPhone X pada tahun 2017, serta menggunakan teknologi Micro OLED pada headset Vision Pro-nya, namun kini teknologi layar self-emissive tersebut akan hadir di iPad untuk pertama kalinya.

Panel OLED akan menawarkan warna lebih tajam dan memberikan kontras yang lebih baik pada model iPad baru, serta menghadirkan warna hitam pekat khas yang kita kenal dan sukai. Kombinasikan itu dengan sertifikasi Dolby Vision dan kita bisa sangat dimanjakan oleh iPad baru ini. Kita juga berharap Apple menyertakan teknologi tampilan ProMotion yang memungkinkan variable refresh rate hingga 120 Hz.

Dengan nama kode J717, J718, J720, dan J721, model iPad Pro baru juga akan menggunakan prosesor M3 terbaru yang dikembangkan Apple, yang juga terdapat di komputer Mac kelas atas. Gurman juga menunjuk pada desain ulang Magic Keyboard dan aksesori Apple Pencil, menjadikannya pembaruan terbesar pada iPad seri Pro sejak 2018.

Bukan hanya versi Pro yang akan menerima peningkatan, karena iPad Air mendatang juga akan segera hadir. Meskipun tidak menampilkan layar OLED, ini dilaporkan akan hadir dalam opsi baru 12,9 inci; yang pertama untuk iPad Air. Diharapkan juga mendapatkan peningkatan dari chip M1 pendahulunya pada tahun 2022, meskipun Gurman tidak merinci apakah ini akan ke prosesor M2 atau M3.

Kita juga akan melihat pembaruan pada iPad Generasi ke-10 (dirilis pada Oktober 2022) dan iPad Mini Generasi ke-6 yang belum diperbarui sejak September 2021. Namun, tidak disebutkan pembaruan yang akan hadir pada model ini.

Gurman melaporkan bahwa Apple awalnya bermaksud merilis jajaran iPad barunya pada akhir Maret, namun kombinasi pengembangan perangkat lunak dan proses manufaktur yang rumit telah menunda peluncuran tersebut. Perangkat tersebut sekarang diperkirakan akan diluncurkan dalam waktu satu bulan setelah acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 mendatang, yang dijadwalkan akan dimulai pada 10 Juni.

Share
×
tekid
back to top