sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Jun 2021 10:48 WIB

Teknologi Intel Bridge bisa bikin aplikasi Android berjalan di Windows

Dalam praktiknya, penyertaan fitur yang memungkinkan Windows 11 untuk menjalankan aplikasi Android secara natif membuatnya mirip dengan Mac berbasis Apple M1.

Teknologi Intel Bridge bisa bikin aplikasi Android berjalan di Windows
Source: Microsoft

Microsoft secara resmi telah meluncurkan sistem operasi Windows 11. Ini dilakukan lewat acara bertajuk “What’s next for Windows”. Sistem operasi penerus dari Windows 10 ini dikatakan akan mampu mendukung aplikasi Android. Terlebih lagi, dukungan terhadap aplikasi tersebut bukan hanya sekadar emulasi.

Dengan bantuan teknologi Intel Brigde, Panos Panay dari Microsoft menjanjikan integrasi akan berjalan sangat mulus. Panos tidak mengatakan secara persis bagaimana cara kerja dukungan aplikasi Android di Windows 11. Meski demikian, kini jawaban itu sedikit terkuak.

Dilansir dari Engadget (25/6), Intel mengatakan teknologi Bridge adalah runtime post-compiler sehingga memungkinkan aplikasi yang awalnya dirancang untuk berbagai platform perangkat keras yang berbeda untuk berjalan secara seutuhnya pada perangkat x86. Perusahaan itu menunjukkan teknologi ini adalah bagian dari strategi XPU yang sedang berlangsung, yang berarti tidak hanya terbatas pada menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11.

Bagi pengguna yang mencemaskan mengenai kompatibilitas AMD, tidak perlu khawatir. Microsoft mengatakan Intel Bridge akan bekerja di seluruh prosesor x86, termasuk yang dibuat oleh AMD.

Dalam praktiknya, penyertaan fitur yang memungkinkan Windows 11 untuk menjalankan aplikasi Android secara native membuat sistem operasi terbaru ini lebih mirip dengan Mac berbasis Apple M1, yang dapat menjalankan aplikasi iOS tanpa pengembang membuat modifikasi apa pun pada perangkat lunaknya.

Share
×
tekid
back to top