sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 14 Jul 2021 17:56 WIB

Instagram hadirkan layanan baru untuk hindari peretasan akun

Fitur Security Checkup akan memungkinkan pengguna untuk mendapat panduan pertanyaan untuk memeriksa keabsahan akun mereka yang mungkin telah diretas

Instagram hadirkan layanan baru untuk hindari peretasan akun
Credit: Instagram

Instagram telah memperkenalkan layanan pemeriksaan keamanan terbaru. Layanan yang disebut juga Security Checkup, secara khusus bisa digunakan untuk semua pengguna yang akunnya telah diretas. Jadi, pengguna dengan akun yang sebelumnya telah diretas, setelah mereka login akan disajikan pertanyaan terkait apakah mereka ingin memulai pemeriksaan keamanan.

Untuk proses pemeriksaan secara lebih lanjut, Security Checkup yang dihadirkan Instragam akan memandu pengguna melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan akun mereka. Panduan ini termasuk memeriksa aktivitas login, meninjau informasi profil, mengonfirmasi akun yang membagikan informasi login, dan memperbarui informasi kontak pemulihan akun seperti nomor telepon atau email. Pemeriksaan melalui langkah-langkah tersebut dapat membantu pengguna untuk mengembalikan akunnya yang telah diretas.

Sementara itu, kehadiran Security Checkup ini dilatarbelakangi oleh banyaknya gelombang laporan atas akun yang mengklaim sebagai akun resmi Instagram. Pelaporan itu datang karena akun tersebut mengirimi beberapa pesan pada para pengguna melalui direct message. Pesan yang dikirim akun tersebut seperti peringatan pada pengguna karena telah melanggar kebijakan dari Instagram. Ini dilakukan untuk membuat para pengguna membagikan kata sandi mereka.

Padahal, selama ini pihak Instagram tidak pernah mengirim pemberitahuan dalam jenis apa pun pada pengguna melalui direct message. Instagram mengatakan jika pengiriman pemberitahuan tersebut hanya dilakukan melalui email. Pengguna juga dapat memeriksa keaslian email tersebut melalui tab Emails from Instagram di pengaturan.

Tentu, penipuan pemberitahuan yang mengatasnamakan sebagai akun resmi instagram seperti itu, akan membuat pengguna berpeluang mengalami peretasan. Sehingga, Security Checkup dihadirkan dengan harapan dapat membantu mengurangi peluang peretasan pada pengguna Instagram. Meski terdapat layanan Security Checkup, pengguna disarankan agar tetap melakukan langkah lain yang disediakan Instagram untuk mengamankan akun, seperti mengaktifkan autentikai dua faktor. Dilansir dari The Verge (14/7), Instagram juga berencana untuk menambahkan dukungan untuk autentikasi dua faktor melalui WhatsApp, selain pilihan nomor telepon dan aplikasi autentikator saat ini.

Share
×
tekid
back to top