Inilah aplikasi dan situs untuk mengenal para kandidat Pemilu 2019

Pemilu 2019 akan dilakukan serentak pada 17 April 2019 besok, untuk para penduduk Indonesia. Bagi yang ingin mengetahui rekam jejak para Calon Legislatif, bisa kita pantau lewat memanfaatkan teknologi.

Rabu, 17 April besok, adalah pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia yang sudah memiliki hak suara. Selain memilih Presiden dan Wakilnya, kita juga akan disuguhkan pilihan Calon Legislatif, baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Pusat.

Teknologi pun memudahkan kita untuk mencari rekam jejak para kandidat. Ini berkat berkembangnya data-data yang bisa kita ketahui melalui online. Kemudahan ini pun bisa kita temukan dengan mudah secara online di media sosial. Platform digital juga memudahkan pemilih pemula untuk mengenal calon wakil mereka di parlemen lebih dekat. Apa saja fitu yang membantu kamu?


BACA JUGA

Purwarupa desain baru Instagram, bakal sembunyikan jumlah like

Fitur atur balasan tweet di Twitter dibagikan Juni 2019

Tik Tok diblokir di India


Facebook

Mendukung Pemilu 2019, Facebook telah meluncurkan fitur bernama Info Kandidat. Fitur ini memungkinkan pengguna Facebook mengenal lebih jauh para kandidat Pemilu dan program-program mereka melalui sebuah video pendek. Jadi, pengguna akan bisa membandingkan para kandidat dan membuat keputusan saat memilih.

Info Kandidat telah tersedia di Kabar Beranda untuk semua pengguna Facebook di Indonesia. Fitur ini juga memungkinkan pengguna menemukan Halaman Facebook kandidat, posisi para kandidat, dan menonton video pendek. Video tersebut berdurasi selama 20 detik, yang memungkinkan kandidat memperkenalkan diri dan menjawab beberapa pertanyaan.

Line Today

Fitur Cek Kandidat di Line Today tersedia dalam tab "Election". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui kandidat yang terdaftar sebagai calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pengguna Line Today dapat memeriksa beberapa kandidat calon legislatif (caleg) yang bisa dipilih, menyesuaikan daerah pemilihan (dapil), provinsi atau partai.

Fitur ini disediakan karena sebagian besar millenial pengguna Line Today tak mengetahui kandidat legislatif mereka. Line sendiri tak menampung data caleg secara independen. Sebagai gantinya, fitur ini akan terhubung ke situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyediakan daftar kandidat caleg di seluruh dapil.

Fitur lainnya yaitu Check TPS yang bisa membantu pengguna memeriksa di mana Tempat Pemungutan Suara (TPS) mereka. Bekerja sama dengan KPU, fitur ini nantinya akan dialihkan ke situs KPU yang menyediakan informasi tersebut. Fitur ini disediakan mengingat banyak pemilih milenial tak mengetahui TPS mereka.

Situs jari ungu

Bukan hanya aplikasi, terdapat pula situs website yang menyambut Pemilu 2019 ini. Situs Jari Ungu memungkinkan pengguna untuk mencari nama-nama dari kandidat Caleg dan partai-partai pendukung para Capres. Jadi, situs ini menyediakan detail data sebanyak lebih dari 240 ribu Caleg 2019-2024 dan lebih dari 19 ribu anggota parlemen periode 2014-2019.

Anda hanya perlu pilih tab "Telusuri", lalu pilih domisili negara. Kemudian pilih Provinsi dan kabupaten/kota sesuai daerah asal Anda. Setelah itu, akan terdapat daftar caleg yang berasal dari berbagai partai. Anda bisa mengklik foto caleg yang ingin ditelusuri, dan kemudian muncul detail data caleg tersebut. Misalnya visi misi, motivasi, riwayat hidup, dan lainnya.

KPU RI Pemilu 2019

KPU menyediakan data caleg yang terdaftar dan bisa dipilih oleh masyarakat. Mengingat banyaknya caleg yang terdaftar dari masing-masing partai, masyarakat termasuk milenial patut mengenali kandidat caleg pemilu 2019. Data caleg akan tersedia baik versi website KPU maupun aplikasi.

Dalam versi website, Anda bisa mengakses situs infopemilu.kpu.go.id yang merupakan situs resmi dari KPU. Di situs ini, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait Capres dan Cawapres, nomor urut, nama caleg, partai politik, hingga status pendaftaran.

Sementara versi aplikasi, Anda bisa mengunduh KPU RI Pemilu 2019 di Play Store. Di aplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi capres dan cawapres, caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi hingga caleg DPRD Kabupaten/Kota. Untuk mengetahui kandidat sesuai dapil Anda, Anda diharuskan memasukkan daerah asal Anda seperti provinsi, dapil, serta partai politik yang ingin Anda telusur.

Jumlah caleg di Pemilu 2019 memang banyak. Hal ini mungkin menyebabkan para pemilih khususnya pemilih pemula bingung menentukan pilihan atau mengenali kandidat caleg mereka. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoblos partai politiknya saja tanpa memilih caleg yang diusung mereka.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: