sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 21 Sep 2022 11:10 WIB

Tempati posisi pertama di Indonesia, ini strategi OPPO tingkatkan pangsa pasar ponsel 5G

OPPO tercatat menempati posisi pertama untuk pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua 2022.

Tempati posisi pertama di Indonesia, ini strategi OPPO tingkatkan pangsa pasar ponsel 5G
Foto: OPPO Global

Pada kuartal kedua 2022, OPPO tercatat menempati posisi pertama untuk markertshare smartphone di Indonesia. Perusahaan ini berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 20,6 persen atau naik 1,5 persen dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya. 

Berdasarkan laporan dari firma IDC pada kuartal kedua tahun 2022, OPPO berhasil mendapatkan posisi sebagai market leader smartphone di Indonesia. Meningkatnya pangsa pasar OPPO ini didorong dengan kehadiran dua perangkat 5G yakni OPPO A96 dan OPPO Reno7 Series. Melalui hal tersebut, perusahaan terlihat semakin memperbesar pangsa pasar smartphone 5G di Indonesia. 

Kenaikan yang dialami oleh OPPO ini terbilang cukup signifikan dalam kondisi ekonomi global yang kurang begitu baik. Sebab dengan adanya inflasi yang tergolong tinggi serta kenaikan suku bunga tentunya bisa mempengaruhi minat konsumen dalam membeli perangkat baru. 

“Apa yang dicatatkan firma IDC sangat selaras dengan data internal kami, memang kami melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G berkat kehadiran lini seri Reno7, dimana ada dua perangkat 5G pada lini seri ini,” tutur Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia melalui keterangan resminya (212/9). 

Aryo menambahkan, smartphone dari segmen kelas menengah menjadi salah satu kontributor terbesar OPPO di pasar Indonesia dengan menyumbang sekitar 30 hingga 40 persen dari total penjualan. Menurut Aryo, pada kuartal kedua 2022 ini selain dari lini Reno7 Series, perangkat OPPO A96 juga telah memberikan kontribusi market yang cukup tinggi. 

Salah satu faktor pendukung kenaikan pangsa pasar OPPO yakni dengan adanya lebih banyak portofolio dari perangkat kelas menengah. Perusahaan ini cukup mendominasi pasar smartphone Indonesia yang berada pada rentang harga Rp2,9 juta hingga Rp5,9 juta. 

Bahkan, firma IDC mencatat, 46,9 persen total pengiriman OPPO di kuartal kedua 2022 berasal dari segmen tersebut. Untuk mempertahankan pangsa pasar smartphone 5G, strategi yang dijalankan oleh OPPO yakni dengan peluncuran produk terbaru dari lini seri OPPO Reno8. 

“OPPO sangat optimis pangsa pasar perangkat 5G akan meningkat pada kuartal mendatang setelah kehadiran lini seri Reno8, apalagi ada 3 Perangkat 5G pada lini seri Reno8: Reno8 5G, Reno8 Z 5G dan Reno8 Pro 5G jika dibandingkan dengan lini seri Reno7 yang hanya menghadirkan dua perangkat 5G saja,” jelas Aryo. 

Selain menghadirkan perangkat 5G baru melalui lini seri Reno8 di Indonesia, OPPO juga berencana menghadirkan beberapa perangkat IoT baru untuk mendukung ekosistem. Dua perangkat yang sudah diluncurkan adalah True Wireless Stereo (TWS) OPPO Enco Buds2 dan OPPO Enco Air2 Pro. Sedangkan perangkat lain berupa gelang kesehatan OPPO Band 2 dan perangkat tablet pertama OPPO Pad Air diperkirakan bakal rilis di kuartal akhir tahun 2022. 

“Untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” tutup Aryo. 
 

Share
×
tekid
back to top