sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Kamis, 01 Okt 2020 11:37 WIB

Ini sosok di balik fitur-fitur Tokopedia

Adalah Puput Hidayat - Head of Product Tokopedia yang menjadi salah satu sosok di balik fitur-fitur aplikasi Tokopedia.

Ini sosok di balik fitur-fitur Tokopedia

Sejumlah fitur di aplikasi Tokopedia tak lepas dari sejumlah proses pengembangan tim internal. Perusahaan yang lekat dengan warna hijau itu menyebut pelanggan atau konsumen sebagai faktor utama, sehingga setiap fitur yang dikembangkan selalu berorientasi kepada faktor tersebut.

Adalah Puput Hidayat - Head of Product Tokopedia yang menjadi salah satu sosok di balik fitur-fitur aplikasi Tokopedia. Ketertarikan Puput terhadap dunia teknologi muncul sejak kuliah. Dia kemudian mulai meniti karir di bidang digital. 

“Teknologi punya peran besar dalam membantu masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu harus didukung oleh kesiapan masyarakat dalam mengadopsi teknologi untuk, salah satunya menjalankan bisnis,” kata Puput.

Puput menjelaskan fitur atau produk yang dikembangkan di Tokopedia bermula dari data analitik atau hasil riset internal perusahaan. Tentunya, hal ini juga melibatkan data dari perilaku pengguna. Tim Puput juga melakukan interview kepada mitra penjual dan pelanggan Tokopedia secara berkala untuk mengetahui fitur yang dibutuhkan oleh mereka. 

Setelah data ini terkumpul, Puput beserta tim mengembangkan solusi atas kebutuhan tersebut. "Jadi kita problem solving solution. Kita buat solusinya, dan kita berupaya kritis soal solusi karena tidak semua seller mengalami (kendala) yang sama. Setelah solusi disetujui, kita buat dalam bentuk dokumen untuk kita diskusikan dengan stake holder," ujarnya.

Dari kolaborasi tersebut, fitur baru Tokopedia kemudian dikembangkan dan diluncurkan ke aplikasi, setelah melalui beragam pengujian kualitas. 

Secara umum Puput bersama timnya menghadirkan berbagai inovasi agar pegiat usaha di Indonesia dapat menjalankan bisnis dengan lebih mudah. Misalnya, inovasi pada toko penjual. Penjual bisa mempersonalisasi tampilan toko agar lebih menarik. Penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk unggulan, serta promo yang sedang berlangsung di tokonya. Sementara dari sisi produk, penjual bisa menambahkan atau menyunting produk yang diunggah pada toko dengan lebih mudah. 

Inovasi terkait kampanye juga banyak dilakukan terutama di tengah pandemi demi membantu para penjual meningkatkan produktivitasnya. Puput dan tim menghadirkan program seperti Kejar Diskon, Flash Sale, voucher diskon serta peluncuran produk khusus.

Share
×
tekid
back to top