sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Jumat, 14 Jun 2024 12:11 WIB

Ini alasan kenapa kamu jangan instal iOS 18 beta sekarang

Meskipun menggoda untuk mencoba fitur-fitur baru di iOS 18, pengguna iPhone diingatkan untuk mempertimbangkan risiko yang terkait dengan instalasi developer beta.

Ini alasan kenapa kamu jangan instal iOS 18 beta sekarang

Apple merilis iOS 18 developer beta dengan berbagai fitur menarik, namun para pengguna iPhone diingatkan untuk berhati-hati sebelum menginstalnya. Meskipun ada beberapa kemampuan baru yang tersedia, seperti fitur "Send Later" di aplikasi Pesan dan kemampuan melihat waktu di iPhone meski baterai habis, developer beta ini belum sepenuhnya siap untuk penggunaan sehari-hari.

1. Masalah serius pada versi beta

Dilansir dari Phone Arena (14/6), sejak Apple menggratiskan biaya $99 untuk menjadi pengembang iOS tahun lalu, siapa saja bisa mengunduh dan menginstal versi beta ini. Namun, versi beta biasanya penuh dengan bug dan masalah stabilitas. Beberapa pengguna iPhone yang telah menginstal iOS 18 developer beta melaporkan masalah serius seperti notifikasi yang tidak masuk, aplikasi yang tidak bisa dibuka atau sering crash, serta iMessage yang dikirim sebagai SMS tanpa enkripsi, tanpa tanda terima baca, dan gambar berkualitas rendah.

2. Pengalaman pengguna

Pengguna Reddit dengan nama jangirkapin menulis, “Saya sangat menyesal, saya berharap bisa kembali ke iOS 16.6 yang saya cintai. Beberapa aplikasi tidak berfungsi sama sekali dan mengapa hanya karena seseorang yang random menunjukkan bahwa dia memiliki iOS terbaru dan saya benar-benar mencobanya.” Keluhan ini mencerminkan banyak pengalaman pengguna lain yang mengalami masalah serupa setelah menginstal beta.

3. Langkah instalasi dan risiko

Bagi kamu yang tetap nekat ingin mencoba iOS 18 developer beta, berikut caranya:

  1. Cadangkan data: Pastikan semua data penting telah dicadangkan untuk menghindari kehilangan data jika ingin keluar dari program beta.
  2. Gabung program beta: Kunjungi www.beta.apple.com dan masuk dengan Apple ID kamu untuk bergabung dengan program beta.
  3. Pengaturan di iPhone: Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk bar Pembaruan Beta di bagian atas layar dan pilih iOS 18 Developer Beta. Tunggu beberapa saat, lalu kembali ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk menginstal developer preview.

4. Pertimbangan kembali

Bagi yang tidak ingin mengambil risiko, disarankan untuk menunggu rilis iOS 18 public beta bulan depan atau versi stabil yang dijadwalkan keluar pada bulan September bersamaan dengan peluncuran lini iPhone 16. Risiko menginstal developer beta termasuk potensi brick pada ponsel kamu atau fitur penting yang tidak berfungsi.

5. Model iPhone yang mendukung iOS 18

  • iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, 15 Pro Max
  • iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max
  • iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, 13 Pro Max
  • iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, 12 Pro Max
  • iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max
  • iPhone XS, XS Max, XR
  • iPhone SE (generasi ke-2 atau lebih baru)

Meskipun menggoda untuk mencoba fitur-fitur baru di iOS 18, pengguna iPhone diingatkan untuk mempertimbangkan risiko yang terkait dengan instalasi developer beta. Dengan masalah kinerja dan stabilitas yang dilaporkan oleh pengguna awal, mungkin bijaksana untuk menunggu versi yang lebih stabil.

Share
×
tekid
back to top