Ide Apple Card sudah ada sejak 2004

Ide mengenai Apple Card ternyata sudah ada sejak Steve Jobs masih memimpin. Namun, ada beberapa perbedaan Apple Card dulu dengan sekarang.

Ide Apple Card sudah ada sejak 2004 Source: Ken Segall

Beberapa bulan lalu, Apple memberi kejutan pada dunia. Perusahaan itu memperkenalkan sejumlah layanan baru, termasuk layanan streaming Apple TV Plus dan tentunya Apple Card. Kartu ajaib itu akan berlaku seperti kartu kredit, namun dengan fitur yang tidak dimiliki kartu kredit biasa.

Gagasan mengenai Apple Card ini ternyata sudah ada jauh saat Steve Jobs masih memegang tampuk kepemimpinan di Apple. Apple Card sendiri merupakan ide yang dicetuskan langsung oleh Jobs.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple: iPhone 11 berbagi data, tidak mengoleksinya

Floppy Disk bertandatangan Steve Jobs terjual Rp1,1 miliar

Apple tidak akan gunakan port lightning di produk iPhone 2021


Dilansir dari Ubergizmo (21/5), seorang mantan pemimpin kampanye “Think different’ Apple yang pernah dilakukan jelang tahun 2000-an, Ken Segall membagikan sebuah anekdot mengenai Apple Card. Dalam laman web-nya, Ia mengklaim bahwa Jobs lah yang pertama kali memiliki ide untuk meluncurkan Apple Card di tahun 2004.

Ada perbedaan antara Apple Card gagasan Steve Jobs dengan Apple Card yang diperkenalkan Tim Cook. Kala itu Steve Jobs berangan-angan untuk menghadiahi para pengguna Apple dengan musik melalui Apple Card. Bukan kebetulan musik menjadi pilihan Jobs. Pasalnya kala itu, popularitas iTunes sedang berada di puncak. Pelanggan Apple bisa mendapatkan iPoint untuk ditukarkan dengan lagu dari iTunes.

Hal itu justru jauh berbeda dengan yang sekarang. Apple Card saat ini menjadi salah satu metode pembayaran di dunia, layaknya kartu kredit. Namun, Apple Card menawarkan banyak potongan harga dan perlindungan privasi yang lebih baik. Untuk diketahui, di Apple Card hanya akan tertulis nama pengguna, tanpa disertai informasi sensitif lainnya.

Dahulu, Jobs dilaporkan mengincar kerjasama dengan Mastercard untuk mewujudkan Apple Card ini. Sayangnya, karena tidak menemui persyaratan yang ia inginkan dari kartu tersebut, proyek ini pun akhirnya dibatalkan. Padahal tim kreatif Apple saat itu sudah mengantisipasi peluncuran Apple Card dengan membuat beberapa gambar untuk promosi iklan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: