Huawei sudah keluar dari daftar dukungan Android Q versi beta

Dukungan Google terhadap ponsel pintar Huawei terbaru, mulai dirasakan. Pada daftar perangkat keras pengembangan Android Q versi Beta, nama Huawei hilang.

Huawei sudah keluar dari daftar dukungan Android Q versi beta

Android Q saat ini tengah dalam pengembangan versi beta. Kendati begitu isu yang menerpa Huawei belakangan ini, membuat Mate 20 Pro keluar dari program Android Q Beta. Tentunya hal ini bukan hal yang baik. Google telah menghapus perangkat Mate 20 Pro dari daftar resmi perangkat keras yang mereka dukung.

Agaknya, ini imbas dari masuknya Huawei ke daftar Entity List. Bagi pengguna maupun pengembang Android Q yang sudah mendukung perangkat Huawei bakalan kesulitan mendapat pembaruan. Satu-satunya cara bagi pengguna yang sudah terlanjur memiliki Mate 20 Pro adalah, mundur ke EMUI versi sebelumnya. Hanya saja belum ada titik terang kapan pembaruan ini akan tersedia nantinya.


BACA JUGA

Lagi, ditemukan aplikasi populer yang terjangkit malware

11 smartphone Xiaomi masuk Android Q beta program

8 ponsel Huawei siap gunakan Android Q


Efek lainnya, dengan terhapusnya Huawei dalam daftar pengembangan Android Q Beta, nyaris semua ponsel pintar Huawei tidak akan mencicipi Android Q. Ini artinya, pengguna Huawei hanya akan mendapatkan OS Android Pie saja. Meskipun Anda pengguna perangkat Huawei paling premium di pasaran, dipastikan perangkat Anda tidak akan menerima Andorid Q.

Huawei masuk dalam daftar hitam Entity List yang diberlakukan pemerintah Ameirka Serikat, 16 Mei lalu. Akibatnya, Huawei tidak bisa melakukan hubungan bisnis strategis dengna vendor Amerika Serikat. Huawei rumornya menggarap sendiri system operasi mereak sebagai pengganti Android. Saat ini dampaknya memang membuat Huawei babak belur. Selain Google, perusahaan lain seperti, Qualcomm, ARM, dan lain-lain, juga mengikuti aturan baru yang mencekal kerjasama dengan Huawei.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: