sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Minggu, 16 Okt 2022 12:29 WIB

Headset AR/VR Apple bakal pakai pemindaian iris mata

Alih-alih membawa fitur Face ID ataupun Touch ID, Apple justru dirumorkan akan memakai deteksi iris mata sebagai alat otentikasi di Headset AR Apple.

Headset AR/VR Apple bakal pakai pemindaian iris mata

Apple telah mendaftarkan tiga merek dagang untuk headset Virtual Reality (VR) serta Augmented Reality (AR) pada Agustus 2022 lalu. Perusahaan ini memasukkan ‘Reality’ sebagai nama dan merek dagang headset mixed reality yang telah lama dikabarkan itu. 

Sebuah bocoran terbaru mengenai headset realitas campuran besutan Apple kini kembali beredar. Informasi baru ini mengklaim, Apple Glass serta headset Apple lainnya, diprediksi akan menggunakan deteksi pemindaian iris mata untuk identifikasi pengguna. 

Seperti diketahui, Apple mempunyai dua fitur otentikasi keamanan pengguna di perangkat besutan mereka. Fitur tersebut yakni Touch ID yang ada pada perangkat generasi lebih lama dan Face ID untuk beberapa perangkat Apple terbaru. Kini, tampaknya perusahaan itu kembali mengembangkan fitur keamanan otentikasi yang lebih baru untuk berbagai perangkat mereka. 

Dilansir dari Apple Insider (16/10), bocoran kali ini bersumber dari laporan terbaru situs berita The Information. Berdasarkan laporan The Information yang terbit Jumat lalu, dua sumber anonim dari Apple mengatakan, perangkat AR Apple yang akan datang bakal mendukung pemindaian iris mata. 

“Kemampuannya akan memudahkan banyak orang untuk menggunakan perangkat yang sama dan memungkinkan mereka melakukan pembayaran dengan cepat di dalam headset,” klaim publikasi dari The Information

“Seperti halnya iPhone memungkinkan orang untuk mengonfirmasi pembayaran menggunakan pemindaian sidik jari atau wajah mereka, orang-orang dikatakan.”

Dalam laporannya, The Information juga menyebut Apple bakal menyajikan sejumlah fitur pada headset mixed reality yang akan datang. Ini mencakup fitur otentikasi biometrik dan desain tampilan yang lebih baru.

Untuk desain tampilan headset, Apple kemungkinan bakal menggunakan bahan dari alumunium, kaca dan kain mesh. Headset realitas campuran dari Apple ini juga diklaim lebih tipis dan lebih ringan dibanding headset Quest Pro baru dari Meta.

Sementara itu, sumber dari The Information ini juga memberikan penggambaran terkait cara kerja fitur otentikasi biometrik headset memakai iris mata. Caranya, headset bakal langsung memindai iris mata untuk identifikasi pengguna ketika mereka tengah mengenakan headset

Perlu dicatat, seluruh informasi tersebut saat ini masih berupa bocoran semata. Belum ada konfirmasi dari pihak Apple terkait penggunakan fitur otentikasi baru yakni dengan memakai deteksi iris mata ke dalam perangkat headset realitas campuran mereka. 
 

Share
×
tekid
back to top