sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 07 Apr 2020 15:25 WIB

Halodoc dan POGI luncurkan layanan telekonsultasi ibu hamil

Selama pandemi ini, ibu hamil tidak dianjurkan berkunjung ke rumah sakit agar mengurangi risiko penularan. Hal ini juga agar rumah sakit dapat fokus pada penyembuhan pasien Covid-19.

Halodoc dan POGI luncurkan layanan telekonsultasi ibu hamil
Source: Halodoc

World Health Organization mengatakan dalam lamannya bahwa ibu hamil lebih berpotensi tertular virus corona (Covid-19). Hal ini karena adanya perubahan pada tubuh dan sistem imunitas yang berpengaruh cukup signifikan akibat beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan. Sehingga, penting bagi ibu hamil untuk melakukan langkah preventif ekstra demi melindungi diri dari COVID-19.

Selama pandemi ini, ibu hamil tidak dianjurkan berkunjung ke rumah sakit agar mengurangi risiko penularan. Hal ini juga agar rumah sakit dapat fokus pada penyembuhan pasien Covid-19. Menurut Co-Founder Halodoc, Doddy Lukito, konsultasi di bidang obstetri dan ginekologi di platform-nya meningkat hingga 60%. Melihat hal ini, Halodoc pun berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginokologi Indonesia (POGI), membuat kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc.

Nantinya pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter yang tergabung dalam POGI untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan kandungan (obstetri). Tidak hanya itu, pengguna juga dapat berkonsultasi seputar kesehatan reproduksi (ginekologi), seperti siklus menstruasi dan menopause, perencanaan program keluarga berencana, keluhan tumor jinak pada sistem organ reproduksi wanita (kista ovarium hingga kanker), infeksi menular seksual, hingga disfungsi seksual.

“Di kanal telekonsultasi khusus ini, pengguna bisa berkonsultasi dengan para dokter yang tergabung dalam POGI, yang memiliki panduan telekonsultasi klinis khusus dan menjalankan konsultasi sesuai pedoman rekomendasi penanganan Covid-19 pada maternal (hamil, bersalin, dan nifas) dari WHO, Kementerian Kesehatan, dan POGI,” Kata Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp. OG (K), MPH.

Layanan kolaborasi Halodoc dengan POGI yang diresmikan hari ini (7/4), mendapatkan apresiasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. Daeng M Faqih, SH, MH, kolaborasi layanan telekonsultasi dan telemedicine Halodoc dengan POGI ini sangat membantu memperlancar koneksi dokter dengan pasien, terutama di masa pandemi. Dirinya berharap, perhimpunan lainnya juga dapat memanfaatkan hal serupa untuk bersama-sama memperluas akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Share
×
tekid
back to top