sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 12 Mei 2022 16:21 WIB

Google Translate kembali tambahkan 24 bahasa baru

Pada konferensi pengembang I/O Google mengumumkan akan menambahkan 24 bahasa baru ke Google Translate.

Google Translate kembali tambahkan 24 bahasa baru

Google mengumumkan akan mendukung 24 bahasa tambahan ke dalam fitur Google Translate. Hal ini diungkapkan dalam konferensi pengembang I/O beberapa waktu lalu. Melansir dari laman GSMArena (12/5), hingga saat ini total bahasa yang terdapat dalam aplikasi ini setelah mengalami penambahan, dengan total 130 bahasa. 

Bahasa baru yang ditambahkan ke dalam Google Translate ini dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia, yang meliputi 800 ribu orang di bagian timur laut terjauh di India dan 45 juta orang di Afrika Tengah. 

Pada penambahan bahasa kali ini, perusahaan anakan Alphabet ini untuk pertama kalinya menggunakan teknologi yang disebut dengan Zero Shot Machine Translation. Mesin ini dapat melakukan penerjemahan dengan hanya melihat teks monolingual tanpa pernah melihat contoh terjemahan. 

Meski secara teknis terlihat mengesankan, namun tingkat akurasi terjemahan yang menggunakan mesin Zero Shot Machine Translation saat ini masih lebih rendah daripada bahasa lain. Pihak Google pun membenarkan hal tersebut dan mengatakan akan terus meningkatkan hasil di masa depan. 

Penambahan kali ini juga merupakan pertama kalinya Google mengikutsertakan beberapa bahasa Pribumi Amerika. Selain itu, dialek Bahasa Inggris dari berbagai negara pun telah ditambahkan. 

Secara spesifik, ada 24 bahasa asing yang baru saja ditambahkan ke dalam Google Translate. Antara lain terdapat bahasa Assamese, Aymara, Bambara, Bhojpuri, Dhivehi, Dogri, Ewe, Guarani, Ilocano, Konkani, Krio, Kurdish (Sorani), Lingala, Luganda, Maithili, Meiteilon (Manipuri), Mizo, Oromo, Quechua, Sansekerta, Sepedi, Tigrinya, Tsonga, dan Twi. 
 

Share
×
tekid
back to top