sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 07 Mei 2024 17:01 WIB

Google tingkatkan kecepatan transfer data antar perangkat Android

Fitur ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengimpor data dari perangkat Android lama tanpa perlu melakukan reset pabrik terlebih dahulu.

Google tingkatkan kecepatan transfer data antar perangkat Android

Google dikabarkan sedang mengembangkan teknologi baru untuk mempercepat proses transfer data antara perangkat Android, sebuah inovasi yang dapat mengubah cara pengguna menyiapkan perangkat baru mereka. Berdasarkan laporan terbaru yang diterbitkan oleh Android Authority, inisiatif ini melibatkan pembaruan pada aplikasi Data Restore Tool, yang saat ini berada di versi 1.0.624892571.

Dikutip dari Phone Arena (7/5), analisis kode terbaru yang dilakukan oleh AssembleDebug menunjukkan bahwa Google berencana mengintegrasikan kecepatan transfer data melalui koneksi kabel dan Wi-Fi. Ini direpresentasikan dengan fitur baru yang disebut "MultiTransportD2dTransport," yang bertujuan untuk memfasilitasi proses pemindahan data dengan lebih cepat. Pesan dalam kode seperti "Ingin mempercepat proses?" dan "Menyalin menggunakan kabel dan Wi-Fi untuk kecepatan tercepat" mendukung adanya perkembangan ini.

Namun, yang paling menarik adalah pengembangan fitur "Pulihkan Kapan Saja." Fitur ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengimpor data dari perangkat Android lama tanpa perlu melakukan reset pabrik terlebih dahulu. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering berganti perangkat namun ingin mempertahankan riwayat pesan RCS/SMS mereka.

Ada satu pembatasan, yaitu pemulihan data hanya bisa dilakukan dari perangkat yang sebelumnya telah digunakan untuk proses pemulihan data yang sama. Jika pengguna ingin mengganti sumber perangkat, mereka harus menghapus data di ponsel yang akan digunakan untuk transfer, menunjukkan bahwa proses ini hanya dapat dilakukan antara dua perangkat yang sama hingga pengguna beralih ke perangkat baru.

Google juga berencana memungkinkan pengguna untuk memilih data spesifik yang akan disalin, seperti pesan, foto, dan kontak, sambil memastikan bahwa pengaturan di perangkat tetap terjaga.

Walaupun belum ada informasi resmi mengenai kapan fitur baru ini akan diluncurkan secara umum, Google telah menginstruksikan pengguna untuk menyiapkan jenis kabel yang tepat untuk menghubungkan perangkat mereka, menandakan bahwa peluncuran bisa terjadi dalam waktu dekat. Inisiatif ini diharapkan akan memberikan kemudahan dan kecepatan yang lebih baik dalam pengalaman penggunaan Android, terutama dalam pengaturan perangkat baru.

Share
×
tekid
back to top