Google tak larang vendor sediakan opsi tutup notch

Google akhirnya memberikan konfirmasi terkait hilangnya opsi untuk menyembunyikan notch di Nokia 6.1 Plus

Google tak larang vendor sediakan opsi tutup notch (Foto: GSM Arena)

Google akhirnya mengonfirmasi terkait hilangnya opsi untuk menyembunyikan notch di Nokia 6.1 Plus. Google menyebutkan bahwa Android One tidak memiliki persyaratan yang akan memaksa vendor smartphone untuk menghapus opsi guna menyembunyikan notch. Lantas mengapa HMD Global menyebut Google sebagai dalangnya?

Sebelumnya HMD Global menyebutkan bahwa Nokia 6.1 tak memiliki opsi untuk menyembunyikan notch karena permintaan dari Google. Padahal opsi itu tersedia sebelumnya namun menghilang secara tiba-tiba. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Smartphone flip Nokia kembali diluncurkan

Nokia 6.2 resmi diluncurkan di IFA

HMD perkenalkan Nokia 7.2 di IFA 2019


Kala itu moderator di forum resmi HMD mengatakan opsi untuk menyembunyikan notch dihapus karena persyaratann Android One. Jika hal tersebut benar, maka smartphone Android One lainnya juga akan mencegah pengguna menghilangkan notch.

Opsi untuk menghilangkan notch sendiri menjadi fitur yang lumrah bagi smartphone berponi. Oleh karenanya, hilangnya fitur itu di Nokia 6.1 Plus menjadi perbincangan beberapa kalangan.

Dilansir Phone Arena, HMD Global lantas mengumumkan melalui CPO-nya, Juho Sarvikas bahwa perusahaan akan mengaktifkan pengaturan untuk memungkinkan notch 6.1 Plus menjadi bisa disembunyikan. Sayangnya perusahaan tak menjelaskan mengapa Google bisa disebut sebagai dalang dari keputusan itu, bahkan tak menjelaskan penyebab sebenarnya.

Nokia 6.1 Plus sendiri merupakan smartphone dengan poni di layar. Smartphone yang dibanderol Rp3 jutaan itu diresmikan di Indonesia beberapa waktu lalu menyusul Nokia 1.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: