sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Kamis, 06 Jun 2024 16:53 WIB

Google resmi luncurkan Gemini di Inggris dan Uni Eropa

Sebelumnya peluncuran Gemini di Eropa mengalami penundaan, meskipun sebelumnya dijadwalkan akan dirilis secara global pada awal Mei.

Google resmi luncurkan Gemini di Inggris dan Uni Eropa

Pengguna di Inggris dan Uni Eropa kini dapat secara resmi mengunduh Gemini, chatbot generatif AI dari Google yang dirancang sebagai alternatif ChatGPT. Aplikasi ini, yang sebelumnya dikenal sebagai Bard, telah tersedia di Play Store untuk perangkat Android di wilayah tersebut.

Dikutip dari Phone Arena (6/5), sebelumnya peluncuran Gemini di Eropa mengalami penundaan, meskipun sebelumnya dijadwalkan akan dirilis secara global pada awal Mei. Penundaan ini disinyalir akibat pertimbangan regulasi yang ketat di Uni Eropa. Pengguna sebelumnya hanya dapat mengakses aplikasi ini melalui toko aplikasi pihak ketiga.

Gemini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada Februari lalu dan sejak itu terus memperluas jangkauannya. Kini, pengguna di seluruh Eropa dapat menikmati teknologi AI generatif yang ditawarkan oleh Google.

Bagi pemilik perangkat Google Pixel, Gemini dapat diaktifkan dengan mudah menggunakan perintah suara "Hey Google". Namun, perlu dicatat bahwa beralih ke Gemini akan menonaktifkan beberapa fitur yang ada di Google Assistant, termasuk integrasi rumah pintar yang belum didukung oleh Gemini.

Penundaan peluncuran aplikasi ini di Eropa bukanlah hal baru. Bard, pendahulu Gemini, juga menghadapi kendala regulasi yang serupa. Dengan peluncuran ini, jutaan pengguna di Inggris dan Eropa dapat menikmati teknologi AI yang menawarkan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, pengguna harus siap menghadapi perubahan, karena Gemini diperkirakan akan sepenuhnya menggantikan Google Assistant dalam waktu dekat. Hal ini menandai langkah besar Google dalam pengembangan teknologi AI dan upayanya untuk tetap bersaing di pasar global.

Share
×
tekid
back to top