sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 22 Mei 2024 16:04 WIB

Google quick share akan segera mendukung transfer file dengan QR Code

Pembaruan Google Play Services versi 24.20.13 akan menambahkan fungsionalitas QR code pada Quick Share, sehingga memudahkan proses koneksi antar perangkat.

Google quick share akan segera mendukung transfer file dengan QR Code

Google Quick Share, fitur berbagi file di Android yang menjadi pesaing Apple AirDrop, tampaknya akan semakin canggih dengan penambahan teknologi transfer file menggunakan QR Code. Setelah mendapatkan pembaruan yang membawa tampilan material design dan aplikasi khusus untuk Windows, Google kini dilaporkan tengah mempersiapkan pembaruan baru yang akan membuat Quick Share lebih ramah pengguna.

Dikutip dari Phone Arena (22/5), menurut laporan dari Android Authority dan AssembleDebug, pembaruan Google Play Services versi 24.20.13 akan menambahkan fungsionalitas QR code pada Quick Share, sehingga memudahkan proses koneksi antar perangkat.

Saat ini, Quick Share mengharuskan perangkat untuk berada dalam jarak dekat, terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, atau dipasangkan melalui Bluetooth. Meskipun Wi-Fi menawarkan kecepatan transfer yang lebih cepat, menghubungkan perangkat ke jaringan yang sama bisa menjadi merepotkan. Fitur QR code baru ini bertujuan untuk menyederhanakan proses tersebut dengan memungkinkan pengguna menghasilkan QR code pada perangkat pengirim, yang kemudian dapat dipindai oleh perangkat penerima untuk memulai koneksi. Ini akan sangat berguna dalam situasi di mana salah satu perangkat bukan milik Anda, menghilangkan kebutuhan untuk mengatur jaringan Wi-Fi.

Fitur ini diharapkan akan terintegrasi ke dalam sistem share sheet Android, menyediakan opsi "Bagikan dengan QR code" yang praktis. Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun QR code dapat menyederhanakan proses koneksi, pengguna tetap harus memberikan izin akses Quick Share ke Bluetooth dan lokasi agar fitur ini dapat berfungsi.

Meskipun belum ada tanggal peluncuran resmi untuk pembaruan ini, pengujian awal oleh AssembleDebug menunjukkan bahwa fitur ini belum memungkinkan transfer lintas platform dengan iPhone. Memindai QR code dengan iPhone hanya akan mengarahkan pengguna ke halaman dukungan Quick Share.

Seiring Google terus menyempurnakan Quick Share, penambahan QR code ini bisa semakin memperkuat posisinya sebagai alternatif yang layak bagi AirDrop, menawarkan pengguna Android cara yang sederhana dan efisien untuk berbagi file dan folder secara nirkabel.

Tag
Share
×
tekid
back to top