sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 17 Mar 2021 08:22 WIB

Google Play potong biaya layanan pengembang jadi 15%

Aplikasi pengembang dalam Google Play Store dengan pendapatan di bawah USD 1 juta, akan menerima potongan biaya layanan menjadi 15%.

Google Play potong biaya layanan pengembang jadi 15%
Source: Google

Google baru-baru ini mengumumkan melalui unggahan blog, di mana mereka akan mengurangi biaya layanan Google Play menjadi 15% untuk pengembang dengan pendapatan di bawah USD1 juta. Sebelumnya, Google memotong 30% dari setiap pembelian digital di Play Store untuk setiap pengembang.

Untuk diketahui, Google Play tahun lalu memutuskan biaya layanan ini hanya berlaku untuk pengembang yang menawarkan penjualan barang dan layanan digital dalam aplikasi. Meskipun perusahaan sendiri mengklaim, lebih dari 97% aplikasi secara global tidak menjual barang digital, dan karenanya sebagian besar tidak membayar biaya layanan apapun.

Kembali lagi ke pengurangan biaya layanan, perlu diketahui ini hanya berlaku bagi aplikasi yang memiliki pendapatan di bawah USD1 juta. Pengembang hanya perlu memberikan informasi terkait pendapatan tersebut agar memastikan hanya membayar biaya 15%. Google mengatakan, diskon akan otomatis diperpanjang setiap tahun.

“Setelah pengembang mengonfirmasi beberapa informasi dasar untuk membantu kami memahami akun terkait yang mereka miliki dan memastikan kami menerapkan 15% dengan benar, diskon ini akan diperpanjang secara otomatis setiap tahun. Kami berharap dapat membagikan detail lengkapnya dalam beberapa bulan mendatang,” kata Google.

Tentunya, langkah ini akan sangat membantu para pengembang baru. Mereka dapat meningkatkan pertumbuhan aplikasi dengan menambah kapasitas server, mempekerjakan lebih banyak ahli, dan lain-lain. 

Untuk diketahui, Apple pada November 2020 sudah lebih dulu melakukan pemangkasan biaya. Perusahaan mengurangi 15% dari pengembang yang berpenghasilan kurang dari USD1 juta per tahun. Sementara bagi pengembang dengan pembelian dalam aplikasi melebihi USD 1 juta, maka akan dikenakan potongan 30%.

Biaya layanan Google Play 15% ini akan berlaku mulai Juli mendatang. Google mengatakan, “Sebagai platform, kami tidak berhasil kecuali mitra kami berhasil.”

Share
×
tekid
back to top