sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Rabu, 21 Des 2022 16:29 WIB

Google Play hadirkan fitur baru Purchase Request

Dengan fitur Purchase Request, pengguna anak dalam akun keluarga dapat mengirimkan permintaan pembelian langsung ke pengelola akun Keluarga untuk menyetujuinya.

Google Play hadirkan fitur baru Purchase Request
Source: Unsplash/Mika Baumeister

Google Play menghadirkan fitur baru yang disebut Purchase Request. Ini membantu pengguna menyederhanakan proses pembelian untuk akun yang tidak memiliki metode Family Payment. 

Dengan fitur Purchase Request, pengguna anak dalam akun keluarga dapat mengirimkan permintaan pembelian langsung ke Pengelola Keluarga untuk menyetujuinya meskipun belum mengatur metode Family Payment. 

"Hari ini kami memperkenalkan fitur lain untuk keluarga: Payment Request. Sekarang, jika Anda belum menyiapkan metode pembayaran keluarga, anak-anak dapat mengirim permintaan pembelian langsung ke pengelola keluarga," tulis Google dalam unggahan di situs resminya.

Sebelumnya, anggota keluarga harus menggunakan metode Family Payment untuk melakukan pembelian aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (in-apps purchase) di Google Play, dilaporkan oleh Neowin.net (21/12).

Pengelola akun Family akan menerima notifikasi untuk permintaan pembelian ini secara real-time. Setelah menerima permintaan, mereka dapat mengevaluasinya dan memutuskan apakah pembelian disetujui atau tidak. 

Dengan demikian, anak-anak perlu meminta persetujuan untuk membeli aplikasi berbayar atau item yang dijual di dalam aplikasi. Meski demikian, ini tidak termasuk Play Book, Google TV, atau pembelian langganan.

Jika pembelian disetujui, akun keluarga yang mengajukan dapat menggunakan metode pembayaran tersimpan mereka sendiri, termasuk kartu hadiah Google Play, dan menyelesaikan pembelian. Jika tidak segera, pengelola dapat menambahkannya ke antrean permintaan persetujuan untuk diputuskan nanti.

Google mengatakan bahwa seperti halnya metode Family Payment, transaksi yang diselesaikan melalui Payment Request akan tersedia di Order History atau Riwayat Pesanan. Selain itu, anak tersebut akan menerima email konfirmasi pembelian ke akun Google yang mereka gunakan saat membuat permintaan persetujuan pembelian.

Share
×
tekid
back to top