Google Photos kini bisa copy/paste teks dari foto

Google menghadirkan fitur baru berupa copy/paste teks yang terlihat dalam foto. Cara ini mengandalkan OCR (Optical Character Recognition) untuk mendeteksi teks tersebut.

Google Photos kini bisa copy/paste teks dari foto Source: Patardo/ Tek.id

Google didapati membuat sebuah pengumuman di Twitter. Saat ini perusahaan itu sedang dalam proses peluncuran fitur AI baru untuk platform Lens. Fitur ini membuat Google Photo dapat mencari teks dalam sebuah foto yang ada di Google Photos. Melalui fitur ini pengguna dapat menyalin dan menempel teks ke aplikasi lain seperti note, dan dokumen.

Dilansir dari TheVerge (23/8), kedua fitur tersebut akan menggunakan teknik yang dikenal sebagai optical character recognition (OCR). Dengan opsi copy/paste yang ada di Lens, pengguna bisa mendeteksi tulisan dalam sebuah screenshot, foto atau dokumen lainnya. Bukan hanya copy/paste, pengguna juga bisa langsung menerjemahkan teks tersebut menggunakan Google Translate. Kabarnya fitur ini sudah dapat digunakan pada beberapa perangkat Android. Kendati begitu, belum ada kabar yang menyebutkan kalau fitur ini dapat digunakan di perangkat iOS


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google akan luncurkan Pixel 4 dan Pixel 4 XL pada 15 Oktober

Ini dia bocoran fitur kamera Google Pixel 4

Pixel 4a bakal rilis bersamaan Pixel 4


Kabarnya Google ingin memposisikan fitur ini untuk mendapatkan password WiFi yang rumit. Terlebih dari pada itu, ada satu fitur lain yang Google tawarkan, yakni kemampuan untuk mencari potongan teks tanpa harus memilih foto terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan bahwa Google melakukan OCR pada koleksi foto pengguna secara otomatis. 

“Mulai bulan ini, kami merilis kemampuan untuk mencari foto Anda dengan tulisan di dalamnya. Ketika Anda menemukan foto yang dicari, ketuk tombol Lens untuk menyalin dan menempel teks tersebut. Misalnya, password WiFi yang paling tidak mungkin sekalipun.” tulis Google di Twitter. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: