Google Photos bakal tak terhubung lagi dengan Google Drive

Salah satu kemudahan yang ditawarkan pada layanan Google adalah sinkronisasi antar layanan tersebut. Namun bulan depan, Google akan menghentikan sinkronisasi antara Google Drive dengan Google Photos.

Google Photos bakal tak terhubung lagi dengan Google Drive Source: Google

Google dilaporkan akan menghentikan sinkronisasi Google Photos dengan Google Drive. Sebelumnya, pengguna Google Photos dapat langsung melihat kumpulan foto yang sudah diunggah di Google Drive. Namun ke depannya, hal itu tidak akan dapat dilakukan lagi.

Dilansir dari 9to5Google (16/5), setelah membongkar jalinan kode dalam file APK didapti bahwa mulai Juli mendatang sinkronisasi antara Google Drive dengan Google Photos akan dihentikan. Nantinya kedua layanan ini tidak akan lagi terhubung.


BACA JUGA

Group Call Google Duo sudah bisa digunakan

Google Duplex masih menggunakan manusia untuk panggilan

Google ubah tampilan hasil pencarian


Untuk tahap awal, foto yang sudah tersimpan di Google Photos tidak akan dapat ditampilkan lagi di Google Drive. Namun pengguna masih tetap dapat mengaksesnya di Google Photos. Selanjutnya, semua foto dan folder yang diunggah ke Google Photos tidak akan muncul di Google Drive karena proses sinkronisasi antar kedua layanan tersebut sudah dihentikan.

Belum diketahui apakah perintah dalam kode itu akan benar-benar dieksekusi oleh Google. Pasalnya jika sudah dieksekusi, pengguna yang terbiasa menggunakan Google Drive untuk mengakses banyak file, termasuk foto dari Google Photos harus berpindah aplikasi untuk melakukannya.

Namun 9to5Google mencatat bahwa hal ini hanya berlaku pada versi mobile saja. Hingga saat ini belum ditemukan sejumlah bukti bahwa kebijakan itu juga akan berdampak pada versi desktop Google Drive. Sampai saat ini, fakta bahwa kode itu masih tersembunyi menjadi pertanda bahwa beberapa detail masih dapat berganti sebelum diberlakukan pada Juli mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: