sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Jumat, 07 Jun 2024 09:30 WIB

Google Messages perkenalkan fitur pesan darurat 911 melalui RCS

Langkah ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam situasi darurat di mana panggilan telepon tidak memungkinkan.

Google Messages perkenalkan fitur pesan darurat 911 melalui RCS

Google hari ini mengumumkan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna aplikasi Google Messages untuk mengirim pesan teks ke nomor darurat 911 menggunakan platform Rich Communication Services (RCS). Langkah ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam situasi darurat di mana panggilan telepon tidak memungkinkan.

RCS, singkatan dari Rich Communication Services, merupakan platform perpesanan canggih yang digunakan pada aplikasi Google Messages untuk Android. Dengan RCS, pengguna dapat menikmati berbagai fitur seperti berbagi gambar berkualitas tinggi, enkripsi end-to-end, tanda terima baca, dan indikator pengetikan. Kini, fitur ini diperluas untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan darurat ke 911.

Dikutip dari Phone Arena (7/6), dalam pernyataannya, Google menjelaskan bahwa fitur baru ini akan memberikan kepastian bagi pengguna bahwa pesan mereka telah diterima oleh layanan darurat melalui tanda terima baca. "Ini menghilangkan ketidakpastian saat menunggu konfirmasi bahwa pesan Anda sudah diterima," jelas Google.

Untuk mengoptimalkan respon darurat, pengguna juga dapat mengirim foto atau video berkualitas tinggi dari situasi darurat yang terjadi. Hal ini memungkinkan petugas 911 untuk memahami situasi dengan lebih baik dan mempersiapkan peralatan yang sesuai sebelum tiba di lokasi. Selain itu, Layanan Lokasi Darurat Android memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka secara akurat dengan tim penyelamat.

Saat ini, di beberapa lokasi, pengguna sudah bisa menghubungi 911 melalui pesan teks SMS. Namun, hanya 53% pusat panggilan darurat di AS yang mendukung layanan ini, dan SMS tidak selalu memungkinkan pengiriman gambar dan video. Dengan demikian, RCS menawarkan solusi yang lebih unggul dalam situasi darurat.

Google menegaskan komitmennya untuk meningkatkan keselamatan pengguna melalui pengembangan ini. "Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap keselamatan pengguna, kami secara aktif bekerja sama dengan mitra di seluruh industri untuk memperluas akses ke layanan darurat melalui RCS," kata Google dalam pernyataannya. "Tujuan kami adalah menjadikan RCS sebagai standar untuk pengiriman pesan darurat di mana saja."

Di sisi lain, Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan dukungan RCS ke iPhone pada tahun ini. Detail lebih lanjut dan tanggal pasti peluncuran diharapkan akan diumumkan pada acara WWDC 2024 yang akan diadakan pada Senin, 10 Juni mendatang. Namun, belum ada konfirmasi apakah pengguna iPhone nantinya dapat mengirim pesan teks ke 911 menggunakan RCS.

Bagi pengguna Android yang ingin menginstal aplikasi Google Messages, Anda dapat mengunduhnya melalui Play Store untuk mulai menggunakan fitur RCS ini. Dengan inovasi ini, Google berharap dapat meningkatkan respons darurat dan keselamatan pengguna di seluruh dunia.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top