Google Maps kini didukung Google Assistant

Google Assistant kini dapat digunakan di aplikasi Google Maps. Dari sana, pengguna dapat melakukan banyak hal menggunakan Google Assistant.

Google Maps kini didukung Google Assistant Source: Patardo/Tek.id

Google Assistant perlahan-lahan mulai merambah sejumlah layanan dan aplikasi besutan Google. Namun ada satu layanan yang ternyata belum didukung Google Assistant, yakni Google Maps. Nah, baru-baru ini dikabarkan bahwa Google Assistant bakal hadir di Google Maps.

Hadirnya Google Assistant pada layanan peta dan navigasi besutan Google itu sebenarnya sudah diumumkan pada saat Google I/O 2018 berlangsung. Sayangnya, beberapa bulan berselang, janji tersebut tak kunjung terealisasi. Baru kali ini Google memenuhi janjinya. Update ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.


BACA JUGA

Layar Pixel 4 bakal berukuran lebih besar dari sebelumnya

Kini Google Assistant bisa menemukan tempat parkir Anda

Google hentikan layanan Daydream VR dari Google Play Film & TV


Bagi pengguna Android, Google Assistant di Google Maps hadir dengan fitur yang lebih kaya ketimbang di perangkat iOS. Di iOS, Assistant di Google Maps dapat digunakan untuk mengontrol navigasi, membalas teks lengkap dengan tanda baca otomatis, dan mengontrol musik.

Setali tiga uang, pengguna Android pun akan menikmati fitur yang sama dengan pengguna iOS. Bedanya, pengguna Android dapat membalas pesan melalui WhatsApp, Facebook Messenger, Hangouts, Viber, Telegram dan beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya.

Dari pantauan Tek.id, fitur Google Assistant pada aplikasi Google Maps sudah dapat digunakan di Indonesia. Pengguna hanya perlu mengatakan “OK, Google”, atau menekan ikon mikrofon di kanan atas aplikasi Google Maps. Selanjutnya katakan perintah tertentu yang ingin diberikan ke Google Assistant. Sesuai dengan janji Google, pengguna bisa memerintahkan Google Assistant untuk mengirim pesan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: