Google juga rayakan pesta demokrasi Indonesia

Selain merayakannya dengan Google Doodle, pihak Google juga membuat situs panduan memilih yang bekerja sama dengan KPU.

Google juga rayakan pesta demokrasi Indonesia Google Doodle

Gegap gempita pesta demokrasi Indonesia sudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia selama beberapa minggu terakhir. Masyarakat pun hari ini, Rabu 17 April 2019 berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah masing-masing.

Ternyata, bukan hanya masyarakat Indonesia saja lho yang sangat antusias dengan pemilihan Presiden Indonesia periode 2019-2024. Ternyata, Google juga ikut-ikutan merayakannya bersama masyarakat Indonesia.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini daftar pencarian populer di Google tahun 2019

Ini daftar gim Android terbaik 2019 versi Google

Daftar aplikasi terbaik 2019, Dana jadi aplikasi pilihan pengguna


Hal ini mereka lakukan dengan cara membuat sebuah Google Doodle, dimana gambar yang terpampang di laman utama Google Indonesia berhias serangkaian masyarakat yang antusias melakukan pemilihan di bilik pemungutan suara.

Seperti dapat lihat dari gambar di atas, pihak Google menggambarkan antusias masyarakat, mulai dari pemilih muda hingga tua, berbagai suku dan etnis, pria atau wanita, semua antusias memberikan hak pilihnya masing-masing.

Saat diteliti lebih lanjut, di beberapa tangan orang yang tampil, terdapat total 5 lembar surat suara. Surat suara berwarna abu-abu mewakili pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sementara itu yang berwarna kuning mewakili pemilihan DPR RI. Lalu yang berwarna biru mewakili pemilihan DPRD Provinsi. Surat suara berwarna hijau mewakili DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk yang terakhir yakni yang berwarna merah melambangkan pemilihan DPD RI.

Masyarakat pun dapat melakukan pencoblosan mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Jangan lupa, bawa surat panggilan memilih atau lembar C6 dan eKTP sebagai syarat pendaftaran. Tapi, jika kalian tidak mendapatkan lembar C6 tapi yakin sudah terdaftar, kalian bisa langsung datang.

Oh iya, kalau ingin mengecek apakah kalian sudah terdaftar dan mengecek lokasi pemungutan suara, bisa langsung kunjungi situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau dengan mengunduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019.

Oh iya, selain memberikan pengingat, Google juga memiliki situs bantuan untuk pemilih. Dengan melakukan kerjasama dengan KPU, mereka meluncurkan sebuah situs bernama pintarmemilih.id. Di sini, kalian bisa sekali lagi mengecek profil calon wakil rakyat atau Presiden dan Wakil Presiden.

Tata cara pemilihan pun sangat mudah. Pertama, seperti yang sudah kami bahas di atas, datang ke lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Bawa juga persyaratan yang diperlukan.

Saat memilih, pastikan kalian mencoblos di salah satu Paslon, untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Begitu juga pada saat memilih DPD, dengan mencoblos foto, nama, atau nomer urut calon anggota DPD.

Sedangkan untuk yang lain, kalian bisa mencoblosnya di nama yang tertera. Jika tidak kenal dengan wakil yang akan kalian pilih, kalian bisa mencoblos partainya saja. So, jangan lupa memilih ya!

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: