Google ingin semua speaker bisa jadi asisten virtual

Google Assistant kini menginvasi lebih banyak merek-merek speaker di dunia.

Google benar-benar serius ingin menghentikan Alexa, asisten virtual buatan Amazon. Caranya, Google kini hadiri ke banyak merek-merek speaker dunia. Hal yang sama yang Alexa lakukan selama ini.

The Verge (9/1) melaporkan bahwa Google Assistant kini hadir di Altec Lansing, Anker Innovations, Bang & Olufsen, Braven, iHome, JBL, Jensen, LG, Lenovo, Klipsich, Knit Audio, Memorex, Riva Audio, Solis, hingga Sony. JBL, Lenovo, LG, dan Sony bahkan memproduksi spekaer Google Assistant lengkap dengan layar khusus. Jajaran speaker tersebut dijanjikan hadir pada musim panas tahun ini, atau sekitar pertengahan tahun 2018.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google investasi Rp28 triliun untuk energi terbarukan

Google Assistant kini bisa bahasa Jerman hingga Korea

Mode incognito Google Maps jalani masa uji coba


Google tidak bicara banyak perihal detail teknis dari layar yang ada di dalam beberapa speaker Google Assistant mereka. Kemungkinan, layar tersebut akan mendukung antar muka Google Assistant yang bisa dikontrol dengan suara secara penuh.

Sementara sistem operasinya diyakini menggunakan Android Things. Sistem ini adalah varian Android yang khusus dikemas ke dalam perangkat-perangkat IoT. Meski bernama Android, Anda tidak bisa menjalankan aplikasi Android di atasnya.

Kemungkinan, Google juga akan menambahkan kemampuan Android Things untuk memutar YouTube di dalamnya. Itu kedengaran cocok, mengingat produk speaker pas untuk pemutar video.

Sementara, untuk kemampuan bawaan dari Google Assistant dalam speaker ini adalah, mencari foto, kalender, navigasi, sampai melakukan panggilan video dengan aplikasi Google Duo. Oh ya, bagi Anda yang belum pernah mencoba Google Assistant sebelumnya, cobalah di dalam ponsel pintar berbasis Android Anda. Tekan tombol home selama 5 detik untuk memunculkannya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: