sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 22 Sep 2022 11:01 WIB

Google hadirkan opsi baru untuk hapus data pribadi pengguna di Pencarian

Opsi baru ini memungkinkan pengguna untuk meminta penghapusan data pribadi dari hasil penelusuran dengan lebih cepat.

Google hadirkan opsi baru untuk hapus data pribadi pengguna di Pencarian
Google

Di dunia digital seperti sekarang, keamanan data pribadi merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, ketika tengah berseluncur di internet, pengguna harus mempunyai kendali penuh atas informasi sensitif dan identitas pribadi mereka yang ditemukan di penelusuran. 

Dilansir dari Engadget (21/9), kini Google merilis fitur yang memudahkan pengguna untuk menghapus hasil pencarian yang berisi alamat, nomor telepon, dan informasi pengenal pribadi lainnya. Laporan dari 9to5Google menyebut, fitur yang disebut dengan ‘hasil tentang Anda’ ini pertama kali diungkapkan raksasa teknologi tersebut pada Mei lalu di gelaran Google I/O 2022. 

Lebih lanjut, fitur ‘hasil tentang Anda’ ini dijelaskan sebagai salah satu cara untuk membantu pengguna browser mengontrol informasi sensitif tentang dirinya. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari apakah informasi pribadi miliknya dapat ditemukan di hasil Pencarian atau tidak.

Pengguna bisa melakukan penelusuran di halaman Pencarian browser. Jika terdapat data sensitif seperti nomor telepon dan alamat rumah pada hasil tersebut, mereka bisa melakukan permintaan untuk menghapus data yang ada. 

Caranya, pengguna tinggal menekan menu tiga titik yang berada di kanan atas browser, kemudian pilih opsi ‘Hapus Hasil’ yang berada di bagian bawah layar. Setelah itu, akan ada informasi yang mengatakan ‘kami dapat meninjau permintaan Anda lebih cepat’. 

Dari situ, pengguna bisa memantau permintaan melalui item menu baru di aplikasi Google yang disebut ‘Hasil tentang Anda’ yang akan muncul ketika pengguna mengetuk profil yang berada di kanan atas. Kemudian, pengguna dapat melihat kemajuannya di opsi ‘Semua permintaan’, di sana akan ditampilkan informasi apakah peninjauan ‘sedang berlangsung’ atau ‘telah disetujui’ oleh pihak Google. 

“Penting untuk diperhatikan bahwa ketika kami menerima permintaan penghapusan, kami akan mengevaluasi semua konten di halaman web untuk memastikan bahwa kami tidak membatasi ketersediaan informasi lain yang berguna secara luas, misalnya dalam artikel berita,” ujar juru bicara Google, dikutip melalui Engadget. 

“Dan tentu saja, menghapus informasi kontak dari Google Penelusuran tidak menghapusnya dari web, itulah sebabnya Anda mungkin ingin menghubungi situs hosting secara langsung, jika Anda merasa nyaman melakukannya,” tambahnya. 

Sayangnya, fitur permintaan untuk menghapus data pribadi dari hasil penelusuran tersebut baru diluncurkan secara terbatas untuk sejumlah pengguna di Amerika Serikat dan Eropa. Laporan dari 9to5Google mencatat, fitur tersebut juga belum tersedia di wilayah Perancis yang merupakan salah satu kawasan di Eropa. 

Belum jelas apakah filter permintaan untuk menghapus data pribadi  tersebut juga akan hadir di Indonesia atau tidak. Namun, saat ini pengguna sudah bisa menghapus konten doxing yang terdapat di hasil penelusuran Google melalui permintaan penghapusan yang telah tersedia.  
 

Share
×
tekid
back to top