sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 10 Nov 2022 17:34 WIB

Google hadirkan layanan VPN untuk Mac dan Windows

Google kini menawarkan aplikasi VPN untuk MacOs dan Windows, untuk pengguna yang berlangganan Google One.

Google hadirkan layanan VPN untuk Mac dan Windows

Google telah menghadirkan akses layanan VPN untuk pengguna desktop. Dilansir dari The Verge,akses ini tersedia untuk pelanggan paket Google One Premium 2TB atau lebih. Pelanggan dengan paket berlangganan ini dapat mendownload aplikasi VPN yang disediakan Google melalui Windows dan MacOS. Layanan ini hadir untuk 22 negara guna menutupi IP mereka di desktop dan mengurangi pelacakan online. 

Saat ini, layanan VPN dari Google masih dalam masa pengembangan dan perluasan layanan, sebab aplikasi ini masih memiliki batasan yang sama seperti Android dan IOS.

Pengguna hanya dapat menggunakan layanan ini di salah satu negara yang sudah didukung oleh Google. Serta pengguna tidak dapat menggunakan VPN Google ini secara bebas, guna menghindari batasan geografis (lokasi) pada siaran langsung olahraga ataupun yang lainnya. 

Selain batasan tersebut, sama seperti layanan VPN iCloud Plus Apple, Google One VPN ini tidak mengizinkan penggunanya untuk menempatkan alamat IP dari negara lain secara manual. Google menyiasati kekurangan ini dengan memberi IP di wilayah sambungan pengguna. 

Dibalik kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan, Google awalnya menawarkan layanan VPN ini ke pelanggan cloud Google One 2TB di AS pada tahun 2020 sebagai tambahan gratis untuk paket tersebut. Sejak saat itu, layanan ini akhirnya diperluas ke berbagai negara, seperti Meksiko, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia. Google juga baru-baru ini menyertakan layanan VPN ini dengan Pixel 7 dan 7 Pro.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top