sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 23 Jun 2022 17:13 WIB

Google gandeng Wikipedia untuk hadirkan layanan yang lebih baik

Google dilaporkan bakal siap membayar layanan Wikipedia untuk membantu menyajikan informasi paling akurat dan terkini pada mesin pencari miliknya.

Google gandeng Wikipedia untuk hadirkan layanan yang lebih baik
Wikimedia

Raksasa teknologi, Google, dilaporkan telah mengumumkan keputusan untuk menjadi salah satu pelanggan pertama dari layanan Wikimedia Enterprise. Lewat keputusan ini, Google bakal siap membayar layanan Wikipedia untuk menyajikan informasi paling akurat dan terkini pada mesin pencari miliknya. 

Mengutip dari The Verge (23/6), Wikimedia Foundation, kelompok nirlaba di balik Wikipedia mengatakan, Google merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pelanggan layanan Wikimedia Enterprise. Kelompok ini menyebut, Google menjadi pelanggan pertama mereka yang membayar untuk mendapatkan layanan tersebut. 

Sebelumnya, layanan Wikimedia Enterprise ini telah diberikan secara gratis kepada The Internet Archive, sebuah organisasi nirlaba yang mengoperasikan sebuah situs website bernama Wayback Machine. Situs ini bekerja untuk mengarsipkan tangkapan layar dari halaman web yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi yang dihapus atau diubah, serta melihat tata letak pada website jadul. 

Lebih lanjut, Wikimedia Enterprise ini merupakan layanan terbaru yang telah diluncurkan sejak tahun lalu. Melalui layanan ini, pengguna dapat mengakses kembali sebagian besar informasi dari Wikipedia dengan lebih efisien. 

Alih-alih mengandalkan pembuangan data gratis dan API yang tersedia untuk umum, Wikimedia Enterprise memungkinkan pelanggan mereka menggunakan API yang lebih cocok untuk mendaur ulang dan mengeluarkan informasi dalam skala yang lebih besar. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembaruan pada konten mereka demi mencegah informasi usang atau tidak akurat yang muncul pada browser umum.

Sementara itu, layanan Wikipedia ini telah digunakan oleh Google melalui beberapa cara. Salah satu yang paling jelas yaitu dalam panel pengetahuan yang muncul di sisi halaman hasil Google Search. Ini akan terlihat ketika pengguna mencari orang, tempat atau hal-hal di dalam basis data besar Google. Dengan kata lain, Wikipedia menjadi salah satu sumber utama yang sering digunakan Google untuk mengisi informasi yang ada dalam panel tersebut. 

Meski demikian, The Verge mengungkap, masih belum diketahui bagaimana kemitraan baru antara Google dengan Wikimedia Foundation ini akan bekerja. Direktur pelaksana kemitraan pencarian Google, Tim Palmer, mengatakan dengan samar bahwa perusahaannya berharap untuk memperdalam kemitraan dengan Wikimedia Foundation melalui layanan Enterprise mereka. 

Di sisi lain, pihak Wikimedia Foundation masih menolak untuk berkomentar terkait laporan kemitraan yang mereka jalin dengan Google. Direktur senior pendapatan Wikimedia Enterprise, Lane Becker mengutarakan jika layanan ini masih dalam ‘hari-hari awal’ dari kerja sama tersebut.  
 

Share
×
tekid
back to top