Google bantu media mendapat pelanggan baru, tapi tidak gratisan

Google membantu publikasi media online untuk mendapatkan pembaca baru dengan mesin pencarian mereka.

Google membuat sebuah langkah baru bagi industri media di internet. Laporan yang kami rangkum dari TechCrunch (23/10), mengatakan, Google berencana mengkombinasikan data dalam algoritma mesin kecerdasan buatannya. Kombinasi data ini diklaim Google dapat membantu menumbuhkan jumlah pembaca suatu media online.

Media online akan membayar kepada Google untuk tiap pembaca baru yang didapatkan dari hasil pencarian di Google. Ketentuannya akan sama dengan AdSense yang diterapkan Google kepada para pengiklannya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google Assistant kini bisa bahasa Jerman hingga Korea

Mode incognito Google Maps jalani masa uji coba

Google akan luncurkan Pixel 4 dan Pixel 4 XL pada 15 Oktober


Google mengklaim, ini akan mempermudah situs-situs berlanggan, seperti The New York Times, Wall Street Journal, ataupun Financial Times, untuk mendapatkan pelanggan baru. Kebijakan ini mengharuskan media online berbagi beberapa artikel gratis dalam mesin pencari Google.

Google bukan satu-satunya yang menawarkan kemudahan bagi publikasi media online. Facebook (19/10) juga mulai menguji fitur baru untuk mendukung media online mendapatkan pembaca baru di media sosial. Facebook bahkan lebih banyak menawarkan bantuan. Mereka akan membagikan 10 artikel dari satu media online yang mencoba fitur baru ini secara gratis. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: