sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Jumat, 24 Mar 2023 17:05 WIB

Google bagikan 3 alat untuk cegah penipuan di aplikasi bagi pengembang

Dalam kasus ini, Google menyediakan alat yang dapat digunakan pengembang untuk membantu mengurangi penyalahgunaan dalam aplikasi mereka.

Google bagikan 3 alat untuk cegah penipuan di aplikasi bagi pengembang
Source: Unsplash/Mika Baumeister

Google mengumumkan berhasil mencegah penipuan senilai USD2 miliar pada tahun 2022 di Google Play Commerce. Perusahaan mengidentifikasi adanya percobaan penipuan dari para oknum dengan metode yang berbeda antara lain meminta pengembalian dana untuk item dalam aplikasi yang telah digunakan, pembayaran yang disusupi, dan masih banyak lagi.

Dalam kasus ini, Google menyediakan dua alat yang dapat digunakan pengembang untuk membantu mengurangi penyalahgunaan aplikasi mereka, yaitu Voided Purchases API dan Obfuscated Account ID.

Voided Purchases API memberi Anda daftar pesanan dalam aplikasi dan langganan untuk setiap pengguna yang telah dibatalkan – pengguna kemudian tidak dapat mengakses produk dari pesanan tersebut.

Sementara dengan Obfuscated Account ID, Google dapat mendeteksi transaksi penipuan seperti perangkat yang melakukan pembelian di akun yang sama dalam waktu singkat.

Dua alat ini Google jelaskan lebih lanjut dalam rilis purchases.product.consume untuk pengembang. Google menjelaskan, “Bulan ini, kami meluncurkan Purchases.product.consume, yang memungkinkan Anda mengonsumsi item dalam aplikasi menggunakan Play Developer API, mengurangi risiko penyalahgunaan sisi klien dengan mengalihkan lebih banyak logika bisnis ke back-end aman Anda."

"Misalnya, jika aktor jahat membeli item dari aplikasi Anda tetapi mengutak-atik sisi klien, pembelian akan dikembalikan secara otomatis karena kurangnya pengakuan setelah 3 hari pembelian. Menggunakan konsumsi sisi server akan mencegah jenis penyalahgunaan aplikasi ini.”

Selain itu, pengembang juga dapat menggunakan Play Integrity API untuk melindungi aplikasi mereka dari interaksi yang berpotensi berisiko dan menipu, seperti kecurangan dan akses tidak sah. Alat ini dapat memeriksa apakah tindakan pengguna atau permintaan server berasal dari aplikasi Anda yang belum dimodifikasi, dipasang oleh Google Play, berjalan di perangkat Android asli.

Share
×
tekid
back to top