sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 28 Nov 2023 09:03 WIB

Google akan hapus akun Gmail tidak aktif mulai bulan depan

Google bersiap untuk menghapus akun Gmail yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Keputusan ini menyasar akun yang tidak digunakan dalam dua tahun terakhir.

Google akan hapus akun Gmail tidak aktif mulai bulan depan

Google bersiap untuk menghapus akun Gmail yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Keputusan ini menyasar akun yang tidak digunakan dalam dua tahun terakhir, mencakup semua data terkait, termasuk email, file Drive, Photos, dan Contact.

Dilansir dari Gizmochina (28/11), keputusan untuk menghapus akun yang tidak aktif berasal dari meningkatnya kerentanan akun lama terhadap serangan siber.

Menurut data internal Google, akun yang tidak aktif memiliki kemungkinan sepuluh kali lebih kecil untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor dibandingkan dengan akun aktif. Kurangnya langkah-langkah keamanan membuat akun lama lebih rentan terhadap upaya peretasan.

Selain itu, layanan eksternal apa pun yang ditautkan ke akun Gmail yang tidak aktif juga berisiko disusupi. Untuk mengatasi masalah ini dan melindungi data pengguna, Google telah memilih untuk menghapus akun yang tidak aktif selama dua tahun.

Namun tidak semua akun yang tidak aktif akan langsung dihapus. Google akan mulai menghapus akun secara bertahap, mulai Desember 2023, dalam jumlah kecil. Pendekatan bertahap ini memberikan waktu kepada pengguna untuk mengaktifkan kembali akunnya jika mereka masih ingin menggunakannya.

Setelah akun dihapus, semua data terkait akan dihapus secara permanen, termasuk email, file Drive, dokumen, rapat, dan file lainnya. Proses ini tidak dapat diubah, dan pengguna tidak akan dapat memulihkan datanya.

Untuk mencegah akunnya terhapus, pengguna cukup masuk ke akun Gmail setidaknya dua tahun sekali. Aktivitas minimal ini akan membuat akun mereka tetap aktif dan mencegahnya dihapus.

Selain login rutin, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga akun mereka tetap aktif dan mencegah penghapusan. Ini termasuk:

- Menggunakan Google Drive

- Menonton video YouTube

- Mengunduh aplikasi dari Google Play Store

- Melakukan Pencarian Google

- Memanfaatkan 'Masuk dengan Google' untuk aplikasi atau layanan pihak ketiga

Penting untuk dicatat bahwa Google saat ini tidak memiliki rencana untuk menghapus akun tidak aktif dengan video YouTube. Artinya, jika akun lama yang tidak digunakan ditautkan ke YouTube dan terdapat video publik di dalamnya, Google tidak akan menghapus akun tersebut meskipun tidak ada aktivitas. Namun, perusahaan mungkin memperbarui kebijakan ini di masa mendatang.

Share
×
tekid
back to top